Momen Berat Polandia Disingkirkan Oleh Portugal Lewat Adu Penalti
Sang pelatih curhat mengenai momen berat Polandia pasca dikalahkan Portugal di babak perempatfinal

Bolahero.com – Disingkirkan oleh Portugal lewat adu penalti menjadi momen berat Polandia padahal tim besutan Adam Nawalka tersebut bermain cukup baik. Perjalanan Polandia di ajang Piala Eropa 2016 ini hanya sampai babak perempatfinal saja setelah mereka ditundukkan oleh Portugal dengan skor 5-1 melalui babak adu tos-tosan saat kedua tim saling berhadapan di Stade Velodrome pada Jumar, (1/7/16) dini hari WIB.

Sebenarnya Polandia memulai laga dengan cukup meyakinkan apalagi mereka sudah unggul satu gol saat laga baru berjalan dua menit. Gol yang dicetak oleh Robert Lewandowski di menit ke-2 benar-benar membuat Polandia berada di atas angin namun sayangnya mereka tidak mampu mempertahankan keunggulan mereka dan kekalahan yang menyakitkan ini jelas sekali menjadi momen berat Polandia yang tersingkir dengan cara yang cukup tragis.

Petaka untuk Polandia berawal dari gol balasan Portugal yang dibukukan oleh Renato Sanches di menit ke-33. Dengan cerdik, Sanchez menerima umpan dari Luis Nani dengan lututnya kemudian ia berbalik arah dan melepaskan tembakan yang meluncur ke dalam gawang Polandia sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-1 yang bertahan hingga waktu extra time berakhir. Di babak kedua sebenarnya baik Polandia maupun Portugal sama-sama mendapatkan peluang untuk menambah gol namun kedua tim gagal memaksimalkan peluang yang ada dan tak ada gol tambahan yang tercipta.

“Sudah pasti ini menjadi sebuah momen berat untuk kami,” ucap Nawalka seperti yang dilansir dari situs resmi UEFA. “Para pemain kami sudah berjuang dengan sangat keras pada pertandingan ini dan mereka pun tampil dengan gagah berani di sepanjang turnamen. Kami bahkan belum mengalami satu kekalahan pun dalam turnamen ini namun kami akhirnya tersingkir karena adu penalti,” timpal Nawalka.

“saat ini kami harus menatap ke depan dengan optimis dan fase kualifikasi mendatang. Akan ada waktunya bagi kami untuk menganalisis secara mendalam tetapi memang kekalahan ini terasa begitu menyakitkan,” tandas Nawalka yang membicarakan soal momen berat Polandia ini usai laga.

Polandia berhasil lolos dari fase grup sebagai runner-up tepat di bawah Jerman dengan mencatatkan dua kemenangan dan imbang sekali. Di babak 16 besar lalu mereka mengandaskan Swiss lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1.