Mengenang Masa Kejayaan Valencia

Bolahero.com– Sebagai pecinta sepakbola, tentu anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu tim raksasa Spanyol, yaitu Valencia. Walaupun kini Valencia sudah menjadi tim papan tengah yang kerap sangat sulit untuk bisa masuk zona Liga Champions, sebenarnya tim ini memiliki sejarah yang cukup baik di Spanyol, maupun di Eropa. Dibalik pemecatan Gary neville di pertengahan musim sebagai manajer dan beberapa masalah internal yang terjadi di dalam tim, Valencia merupakan tim raksasa yang pernah menjadi tim yang ditakuti di persepakbolaan Eropa.

Di awal tahun 2000-an, dimana Rafael Benitez yang kala itu bertugas menjadi manajer, Valencia pernah menorehkan beberapa gelar juara. Di musim pertamanya saja, Benitez sudah membuktikan bahwa Valencia adalah tim yang bagus dengan menyumbangkan gelar juara Liga Spanyol musim 2001 / 2002. Selain itu, Valencia pun kembali menjadi raja di Liga Spanyol dengan menjuarai lagi ajang tersebut di musim 2003 / 2004. Ditambah lagi gelar juara Piala UEFA di musim yang sama.

Ditahun-tahun selanjutnya, prestasi Valencia terus meningkat walaupun sempat berganti-ganti kursi kepelatihan. Perginya Benitez ke Liverpool membuat tim tersebut menunjuk Ronald Koeman sebagai manajer utama. Koeman pun berhasil menyumbangkan gelar Piala Raja pada timnya, walaupun sering membuat masalah di dalam tim, baik itu dengan pemainnya ataupun pihak manajemen.

Pada beberapa musim selanjutnya pun sebenarnya Valencia masih menjadi tim yang ditakuti. Pemain-pemain yang berada di tim ini dipenuhi oleh para langganan tim Nasional Spanyol seperti David Villa, Fernando Morientes, Joaquin, Ruben Baraja, David Albelda, Raul Albiol dan Carlos Marchena. Namun, dengan beriringnya waktu dan juga perginya beberapa penggawa inti dari tim ini, kini Valencia sudah mulai kehilangan ketajamannya dalam bersaing di Liga Spanyol, apalagi ajang Liga Champions ataupun Piala UEFA.