Menang Adu Penalti, Polandia Singkirkan Swiss
Polandia unggul 5-4 atas Swiss dalam babak adu penalti yang mengantarkan mereka ke babak perempatfinal

Bolahero.com – Polandia singkirkan Swiss dan berhasil melaju ke babak perempatfinal Piala Eropa 2016 melalui drama adu penalti yang berlangsung dengan dramatis setelah kedua tim bermain imbang 1-1 hingga babak tambahan waktu 2×15 menit berakhir. Di babak tos-tosan ini Swiss terpaksa mengakui keunggulan Polandia yang menang adu penalti 5-4 dan mereka pun tersingkir dengan cara yang sangat tragis.

Seperti yang sudah diprediksi jalannya pertandingan yang mempertemukan Swiss dengan Polandia ini berlangsung dengan ketat dan cukup alot. Bertanding di Stade Geoffroy Guichard, Sabtu (25/6/16) malam WIB, kedua tim terus berupaya menekan lawan mereka dan hasilnya Polandia mencetak gol lebih dulu ke gawang Swiss melalui gol yang dibukukan oleh Jakub Blaszczykowski di menit ke-39 lewat skema serangan balik cepat usai pemain yang bersangkutan mendapatkan umpan dari Kamil Grosicki.

Setelah gol tersebut tidak ada lagi tambahan gol yang tercipta dan babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Polandia. Memasuki babak kedua, Swiss berupaya keras untuk menyamakan kedudukan namun gawang mereka justru kembali terancam lewat sepakan Robert Lewandwoski di menit ke-50. Semenit kemudian, Xherdan Shaqiri mencoba membuat percobaan dengan melepaskan tendangan jarak jauh namun bola masih bisa diantisipasi oleh Fabianski.

Blaszczykowski hampir saja menggandakan keunggulan Polandia lewat sepakan kerasnya pada menit ke-53 tetapi Soomer berhasil menepis bola untuk menyelamatkan gawang Swiss yang beberapa kali terus melancarkan serangan ke kotak penalti Polandia. Setelah beberapa peluang yang dimiliki berhasil dimentahkan akhirnya Swiss berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-82. Gol tersebut dicetak oleh Xhaqiri yang menjebol gawang Polandia lewat tendangan salto yang mengubah skor menjadi 1-1 yang bertahan hingga babak extra time berakhir.

Di babak adu penalti inilah petaka datang untuk Swiss karena dari kelima penendang mereka ada satu pemain yang gagal menuntaskan tugasnya yaitu Granit Xhaka yang menjadi penendang kedua Swiss. Sementara itu semua eksekutor Polandia tidak ada satu pun yang gagal dalam memasukkan bola dan hasilnya Polandia menang 5-4 dalam babak adu penalti ini sekaligus melaku ke fase berikutnya.