Manajer Italia di Chelsea FC

0

Bolahero.com – Sejak diakuisisi oleh taipan minyak asal Rusia Roman Abramovich, klub London Barat, Chelsea FC identik dengan pergantian pelatih, tercatat semenjak dimiliki oleh Abramovich, klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut telah melakukan tiga kali pergantian manajer. Dan, fenomena Manajer Italia di Chelsea FC  pun muncul.

Dan, di era Abramovich ini pula posisi pelatih Chelsea FC seolah menjadi kursi panas. Karena, tak ada satu pun manajer yang mampu bertahan lebih dari tiga tahun saat menangani The Blues tersebut. Yang teranyar ialah Antonio Conte.

Chelsea resmi menunjuk Antonio Conte sebagai manajer baru musim ini. Mantan pelatih Juventus itu dikontrak tiga musim untuk membesut skud The Roman Emperor. Menilik sejarah Chelsea FC kebelakang, ternyata Antonio Conte bukanlah pelatih berkebangsaan Italia pertama yang menukangi si biru.

Tercatat telah ada empat Allenatore sebelum Antonio Conte yang telah memberi warna sepak bola Italia di kubu Chelsea FC. Siapa sajakah mereka? Berikut adalah daftar pelatih berkebangsaan Italia yang pernah menukangi Chelsea FC:

Manajer Italia di Chelsea FC & Gianluca Vialli

Gianluca Vialli merupakan salah satu pelatih Italia di Chelsea

Gianluca Vialli merupakan Manajer Italia di Chelsea FC. Vialli datang ke Stamford Bridge untuk menggantikan Ruud Gullit pada Februari 1998. Tak hanya pertama bagi Chelsea FC, Vialli juga menjadi manajer Italia pertama yang menukangi tim di Liga Inggris.

Karier Vialli bersama The Blues pun boleh bisa dikatakan cukup baik. Vialli membawa Chelsea memenangkan Uefa Cup Winners Cup Tahun 1999. Kala itu, Chelsea mengalahkan wakil Jerman, VfB Stuttgart di partai final. Atas kemenangan tersebut, Vialli mencatatkan rekor sebagai manajer termuda yang pernah meraih gelar juara di level Eropa.

Manajer Italia di Chelsea FC & Claudio Ranieri

Claudio Ranieri. Salah satu pelatih Chelsea berasal dari Italia.

Chelsea kembali melanjutkan kiprah dengan Allenatore asal Italia, yaitu dengan menunjuk Claudio Ranieri. Namun di awal karier bersama Chelsea, Ranieri kendala yang dihadapi oleh Ranieri justru masalah bahasa. Saat di Chelsea FC Ranieri mendapat julukan The Tinkerman. Ranieri mengakhri kariernya sebagai manajer di Chelsea dengan nil gelar.

Akan tetapi, dia dianggap sebagai peletak awal mula kesuksesan skuat Chelsea saat ini. Karena di era The Tinkerma tersebut Chelsea mempunyai pemain-pemain hebat seperti John Terry dan gelandang Frank Lampard.

Selain dua legenda Chelsea tersebut, pemain lain yang diboyong Ranieri adalah Claude Makelele, Wayne Bridge, dan William Gallas yang menjadi tulang punggung kesuksesan Chelsea kala ditukangi oleh Jose Mourinho.

Manajer Italia di Chelsea FC & Carlo Ancelotti

Claudio Ranieri pun merupakan pelatih dari Italia yang berlabuh di Chelsea

Lima tahun pasca pemecatanThe Tinkerman, Chelsea menunjuk lagi manajer asal Italia. Yaitu Carlo Ancelotti yang diberi mandat untuk melatih John Terry CS.

Ditunjuknya Ancelotti tak lepas dari kesuksesannya di ajang Liga Champions bersama klub Italia Ac Milan. Alhasil, dirinya pun menjadi salah satu Manajer Italia di Chelsea FC.

Karena pada saat itu sang bos Roman Abramovich selaku pemilik,sangat menginginkan timnya untuk menjadi raja eropa. Dan Ancelotti adalah orang yang dinilai pantas.Ancelotti mengawali kiprahnya di Chelsea dengan membawa The Blues memenangkan Community Shield.

Akan tetapi , Ancelotti justru gagal membawa Chelsea sukses di Liga Champions usai ditekuk Inter Milan di Babak 16 Besar. Tapi di akhir musim 2009-2010, Ancelotti sukses mempersembahkan trofi Liga Inggris dan Piala FA bagi Chelsea. Don Carlo kemudian dipecat di musim ketiganya bersama The Pensioners setelah rentetan hasil buruk yang didapat Chelsea di Liga Domestik maupun Eropa.

Roberti Di Matteo

Manajer Italia di Chelsea FC
Meski menjuarai Liga Champion, Roberti Di Matteo tetap didepak dari Chelsea

Seakan cerita dongeng, Di musim inilah keinginan Abramovich melihat Chelsea menjuarai Liga Champions terwujud. Di Final, Chelsea mengandaskan perlawanan klub raksasa Jerman Bayern Muenchen di Allianz Arena lewat babak adu tendangan penalti.

Bisa dikatakan sangat luar biasa, karena Chelsea sama sekali tidak ada niat untuk mengangkat Di Matteo sebagai manajer.

Di Matteo diangkat sebagai manajer interim untuk menggantikan posisi manajer asal Porugal Andre Villas Boas yang dipecat. Di bawah asuhan Di Matteo, performa John Terry dan kawan-kawan meningkat terlebih setelah memasuki Fase Knock Out Liga Champions.

Salah satu yang pasti akan selalu diingat oleh pecinta sepak bola seluruh dunia saat Chelsea menaklukkan Barcelona di semifinal Liga Champions. Yang notabenen nya pada saat itu Barcelona berstatus juara bertahan dan dilatih oleh manajer sarat pengalaman di kancah Eropa Pep Guardiola.

Berkat cerita manis itulah, Di Matteo di musim berikutnya diangkat sebagai manajer Chelsea. Dirinya pun masuk daftar Manajer Italia di Chelsea FC. Sayang, dengan status itu, Di Matteo kehilangan tajinya dan akhirnya dipecat setelah gagal membawa Chelsea lolos fase grup Liga Champions, yang kemudian posisinya digantikan oleh Rafael Benitez.