Maldini Soroti Menurunnya Sepakbola Italia
Menurut Maldini saat ini sepakbola Italia harus memulai lagi dari awal

Bolahero.com – Mantan pemain bertahan AC Milan, Paolo Maldini soroti menurunnya sepakbola Italia yang sudah terjadi dalam beberapa musim terakhir ini. Harus diakui para tim-tim dari Serie A memang kalah bersaing dari tim-tim yang berasal dari liga lainnya seperti Liga Spanyol, Liga Inggris bahkan Liga Jerman dan kondisi ini membuat legenda Rossoneri itu merasa sedih melihat kondisi yang tengah terjadi saat ini.

Oleh karena itu secara terbuka menurut Maldini untuk bisa memperbaiki semuanya maka tidak ada pilihan lain selain memulai kembali semuanya dari awal karena menurun pandangan pemain yang sempat mencicipi trofi Liga Champions bersama AC Milan ini kondisi sepakbola Italia seakan sudah tidak memiliki identitas lagi. Indikator utamanya bisa dilihat dari kiprah para tim-tim besar Serie A saat berkiprah di Liga Champions.

Tercatat semenjak Inter Milan meraih treble winner dengan memenangi trofi Liga Champions pada musim 2009/2010 silam, sampai sekarang belum ada lagi wakil dari Negeri Menara Pisa ini yang mampu mengangkat trofi Si Kuping Besar. Paling jauh adalah posisi runner-up yang diraih oleh Juventus pada ajang Liga Champions musim 2014/2015 lalu di mana tim besutan Massimiliano Allegri ini ditekuk oleh Barcelona di babak final malahan di musim ini langkah La Vechia Signora hanya sampai babak 16 besar saja karena mereka disingkirkan oleh Bayern Munchen.

“Saya pikir sepakbola Italia harus dimulai kembali dari awal. Sebagai sebuah negara sepakbola sekarang ini kami justru sedang berusaha untuk mencari identitas,” papar eks andalan dini lini belakang Timnas Italia tersebut seperti yang diberitakan oleh Soccerway.

Maldini juga memberikan contoh bagaimana para tim-tim dari Spanyol saat ini mampu mendominasi kompetisi Europa dan ini justru berbalik 100 persen dengan tim-tim Serie A. “Anda bisa melihat sendiri kemunduran ini terjadi di kompetisi Liga Champions dan juga di Europa League. Wakil dari La Liga saat ini berada di level yang menurut saya sangat jauh berbeda, khususnya dalam hal taktik maupun kualitas teknik,” timpal Maldini yang menyoroti menurunnya sepakbola Italia ini.