monaco tampil bagus
monaco ke liga champion

Liga Prancis di musim ini bisa dibilang agak terlalu monoton karena sangat terlihat dominasi dari klub kaya asal kota Paris, Paris Saint Germain, di dalam liga dengan sudah memastikan diri sebagai juara disaat kompetisi masih berlangsung dan saat ini mereka meninggalkan pesaing terdekat mereka , Olympique Lyonnais, dengan beda poin sebesar 27 poin dan PSG masih punya sisa satu pertandingan lebih banyak disbanding Lyon dan dapat membuat poin menjadi semakin melebar menjadi 30 poin.

Tetapi, persaingan untuk menemani PSG menuju zona liga champions masih cukup seru untuk disimak. Tiga tempat untuk masuk ke liga Champions musim depan yang disediakan oleh UEFA kepada liga Prancis sudah terpakai saat PSG memastikan diri sebagai juara liga. Tapi, dua tempat yang tersisa, masih bisa diperebutkan oleh empat klub tersisa. Mereka adalah Olimpique Lyon, AS Monaco, Saint Etienne, dan Nice. Mereka berempat masih berpeluang untuk menemani PSG ke liga Champions musim depan.

Dua Tim akan Temani PSG Ke Kompetisi Eropa

Diantara empat tim tersebut, Lyon dan Monaco bisa dibilang sebagai dua klub yang paling siap untuk maju ke liga Champions, baik dalam segi materi tim maupun dalam segi posisi mereka di klasemen saat ini. Mereka berdua ada di posisi kedua dan ketiga klasemen dengan poin sama, 62 poin, dan Lyon hanya unggul dalam agresifitas gol. Sedangkan kedua pesaing mereka, Saint Etienne dan Nice ada di posisi empat dan lima dengan poin 58 dan 57 poin. Dengan menyisakan dua pertandingan lagi, nampaknya peluang Saint Etienne dan Nice akan semakin kecil mengingat kedua tim di atas mereka hanya butuh satu kemenangan saja untuk mengamankan posisi mereka.

Satu hal yang tentu akan menjadi sangat menarik di pekan ke 37 liga Prancis minggu ini adalah bahwa mereka berempat akan saling berhadapan untuk menentukan siapa yang akan menemani PSG. Di pekan ke 37 nanti, Lyon akan menjadi tuan rumah untuk tamu mereka, AS Monaco. Di waktu yang sama, Saint Etienne akan mati-matian mengejar posisi tiga besar saat harus berkunjung ke markas Nice. Tentu, Nice juga tidak akan tinggal diam mengingat ini adalah salah satu kesempatan mereka untuk mendekatkan diri dengan zona liga Champions mereka yang sudah cukup dekat. Pekan ke 37 nanti pun bisa dibilang sebagai final bagi mereka berempat. Mereka tidak bisa hanya bermain hitung-hitungan poin, karena semua bisa amat sangat mungkin di pekan ke 37.

Lyon dan Monaco, yang akan berhadapan minggu ini, tentu tidak ingin bermain aman dengan mengincar hasil imbang di pekan ini dan memenangkan pekan terakhir guna mengamankan tiket liga Champions mereka, mengingat lawan mereka berdua di pekan terakhir tidak terlalu merepotkan, Stade de Reims dan Montpellier. Reims menghuni posisi 18 klasemen saat ini, dan Montpellier, yang sempat menyeramkan di beberapa musim lalu saat masih diperkuat Olivier Giroud, tidak terlalu seram lagi karena mereka hanya bertengger di posisi 11 klasemen saat ini. Tapi, walau kemungkinan menang di pekan terakhir sangat terbuka, kedua tim tidak mau tampil biasa saja, karena mereka mengincar posisi kedua, dimana mereka akan otomatis lolos tanpa harus melewati babak kualifikasi. Baik Lyon atau Monaco dipastikan akan menampilkan yang terbaik.