borussia dortmund
Lupakan Rurh Derby, Dortmund Fokus ke Liverpool

Bolahero.com – Hanya berbagi angka di laga ruhr derby tadi malam membuat Borussia Dortmund gagal menempel ketat Bayern Munich di puncak klasemen. Namun, Thomas Tuchel mengakui kalau timnya saat ini telah move on dan mengalihkan fokus ke laga kontra Liverpool, tengah pekan ini.

Saat melawan Schalke 04 di Veltins Arena, Minggu (10/4) malam WIB, Die Borussen hanya bermain imbang 2-2. Kedua tim bermain tebruka dan saling berbuah gol. Dengan tambahan satu poin, Dortmund gagal mempertahankan jarak lima poin dari Bayern Munich, yang pada pertandingan lain sukses mengalahkan Stuttgart.

Saat ini Dortmund tertinggal tujuh poin dan hanya menyisakan lima laga lagi. Kendati demikian, ada alasan mengapa tim Kuning-Hitam tidak bisa meraih angka penuh pada laga semalam. Tuchel sengaja menyimpan beberapa pilar utama Dortmund. Terhitung hanya ada dua pemain inti yang masuk dalam starting line up, yakni Mat Hummels dan Sven Bender.

Hal itu dilakukan oleh sang manajer, karena pada Jum’at (15/4) dinihari WIB, tim besutan Tuchel akan bertandang ke Anfield untuk melakoni leg II perempat final Liga Europa kontra Liverpool. Hanya bermain imbang di Signal Iduna Park tengah pekan lalu, Dortmund diyakini akan tampil habis-habisan demi mengamankan satu tiket ke semi final.

Tim tamu minimal harus menang 1-0 untuk bisa lolos ke babak berikutnya. Namun demikian, mengalahkan The Reds di Anfield bukanlah perkara mudah.

“Tentu saja dua laga kontra Liverpool sangat penting. Saya telah memikirkan bagaimana line up pemain nantinya. Hari ini kami ingin mempertahankan tiga bek dan bermain dominan di sisi sayap, karena kami paham bahwa Schalke sangat kuat di setiap duel udara serta serangan dari sisi sayap,” kata Tuchel pada laman resmi Dortmund.

“Ini menjadi laga ke-48 kami di musim ini. Saya mengetahui kalau kami sudah mencapai batas. Saya tahu akan terjadi perubahan besar. Namun, dengan melakukan analisa video, kami bisa tampil lebih baik setelah 60 menit berlangsung. Kami meyakini 100 persen untuk susunan tim hari ini dan itu menghasilkan,” pungkasnya.