luca toni istirahat
luca toni akhiri karir

Bolahero.Com – Jika kita adalah penikmat sepakbola Italia, terutama Italia pada era 2000 sampai sekarang, kita pasti sudah tidak asing dengan nama striker jangkung Luca Toni. Striker Hellas Verona ini memutuskan untuk menjadikan pertandingan melawan Juventus pekan ini menjadi laga terakhirnya. Toni memutuskan untuk pensiun setelah selama 21 tahun malang melintang di persepakbolaan eropa. Usia adalah alasan utama Toni pension. Di usianya yang sudah menginjak 38 tahun, dia merasa sudah waktunya untuk pensiun.

Merasa Tua, Toni Akhiri Karir

“Setelah beberapa waktu berpikir dan bertahun-tahun bermain sepakbola, saya telah memutuskan bahwa Minggu nanti akan menjadi laga terakhir bagi saya sebagai pemain professional,” ungkap Toni seperti dikutip oleh Football Italia.

“Saya agak emosional, ini adalah keputusan yang sulit dan menyakitkan. Tapi saya sudah mencapai akhir masa bermain saya. Saya sudah memikirkannya untuk beberapa pekan, bukan pekan-pekan yang mudah. Di Bertegodi melawan Juventus akan menjadi pertandingan terakhir saya,” Tambahnya.

Luca Toni adalah striker yang cukup mengerikan pada masanya. Memulai karier professional saat membela Modena, Toni sudah malang melintang di berbagai klub di Italia, Eropa, bahkan di luar Eropa. Hellas Verona sendiri menjadi menjadi klub ke-16 yang dibela oleh pemain ini. Selain memperkuat Hellas Verona, dia juga pernah memperkuat berbagai macam klub kuat di Italia dan Eropa. Juventus, As Roma, Fiorentina, bahkan Bayern Munchen adalah klub-klub kuat Italia dan Eropa yang sudah diperkuatnya selama 21 tahun di dunia sepakbola. Tidak hanya di Eropa, Toni juga pernah berpetualang di luar eropa dengan membela klub Mesir, Al Nasr. Prestasinya di tim nasional juga okey. Dia menjadi salah satu tim inti dari kesuksesan Italia menjadi juara Piala Dunia 2006. Total dia sudah tampil sebanyak 47 kali bersama Italia dengan mencetak 16 gol.

Dari perjalanan panjangnya selama 21 tahun, Munchen bisa dibilang sebagai klub yang membawanya ke titik puncak. Dia berhasil mencetak 58 gol dan 25 assist dalam 89 penampilan dan menyumbang dua gelar Bundes Liga. Musim lalu pun, Toni berhasil menjadi topskorer bersama Mauro Icardi dengan mencetak 22 gol dari 38 pertandingan di Serie-A dan mencatat rekor sebagai topskorer Serie-A tertua. Di musim ini, Toni kesulitan dengan hanya mencetak 5 gol dari 15 penampilannya di Serie-A.