“Love Hate Relationship” Bayern Munich dan Dortmund Belum Berakhir

Bolahero.com – Bayern Munich dan Dortmund adalah dua tim Raksasa yang kerap kali menjuarai Liga jerman maupun piala DFB Pokal di Jerman. Aura rivalitas yang terasa ketika dua tim ini bertemu pun sangatlah kental dan sarat emosi. Banyak hal yang menyebabkan rivalitas dari kedua tim. Tetapi apabila ditilik kebelakang baik Bayern maupun Dortmund seringkali bertukar pemain.

Dimulai ketika tahun 1969-70 Helmut Nerlinger yang pada masa itu adalah salah satu pemain andalan Bayern Munich memutuskan untuk membelot ke kubu Idunal Park pada tahun 1972-78. Semenjak Nerlinger berpindah, kemudian banyak pemain mengikuti jejaknya seperti Michael Rummenigge dan Jurgen Kohler. Pada masa milennium ini pun hubungan antara Bayern dan Dortmund semakin memanas tetapi juga semakin “mesra” dalam pertukaran pemain.

Dimulai dari Robert Kovac yang juga membelot dari Bayern Munchen menuju Dortmund pada tahun 2007, Munchen seakan-akan ingin membalas “kemesraan” yang di berikan oleh dortmund dengan menghadirkan exodus dari kubu Dortmund. Berawal dari transfer Torsten Frings yang di boyong ke Bayern Munchen, nama-nama terkenal seperti Mario Gotze dan Robert Lewandowski pun diambil dari kubu Dortmund, dan yang paling terlihat pada “kemesraan” dua raksasa Jerman ini adalah drama Mat Hummels, Centre Back berumur 27 tahun ini di boyong oleh Dortmund dari Munchen pada tahun 2008 lalu dan langsung memberikan kontribusi maksimal pada skuad asuhan Jurgen Klopp. Tetapi sekarang kabar santer terdengar bahwa Munchen ingin mengembalikan Hummels ke tempat asalnya setelah Kapten tim Dortmund ini bermain gemilang untuk timnya.