Pemain Stoke berusaha melewati pemain Liverpool
Bojan Krkic dari Stoke City berusaha melewati pemain Liverpool Roberto Firmino

Dengan modal mental yang kuat setelah memenangkan laga yang cukup ketat dengan Norwich 4 hari lalu (23 Januari 2016), Liverpool yang hampir saja kalah atas Stoke City, akhirnya berhasil maju ke babak final English Capital One Cup 2016 setelah mengalahkan Stoke City lewat adu penalti.

Kemenangan 1-0 Liverpool atas Stoke City pada putaran pertama semifinal English Capital One Cup membuat Liverpool agak berhati-hati dalam menyerang karena tidak ingin kecolongan gol dari Stoke City. Alhasil selama 45 menit babak pertama berlangsung Liverpool hanya membuat percobaan tembakan ke gawang lawan sebanyak 4 kali. Sedangkan Stoke City unggul sedikit sebanyak 5 kali dan salah satunya berhasil dikonversikan menjadi gol pada menit akhir (menit ke-46) sebelum kedua tim turun minum.

Babak kedua, Liverpool berusaha lebih agresif karena ingin menyamakan kedudukan dan tidak ingin memperpanjang laga hingga babak tambahan. Tapi sebanyak 5 kali percobaan tembakan ke gawang Stoke City, tidak satupun bisa dikonversikan menjadi gol, dan laga pun harus memasuki babak tambahan yang akhirnya diteruskan ke adu penalti.

Stoke City akhirnya menyerah pada Liverpool dengan skor 6-5 lewat adu penalti dan membuat agregat gol kedua tim menajdi 2-1 untuk kemenangan Liverpool.