Kroasia Tundukkan Spanyol 2-1
Kroasia 2-1 Spanyol Grup D Piala Eropa 2016

Bolahero.com – Kroasia tundukkan Spanyol dengan skor tipis 2-1 dalam laga terakhir Grup D Piala Eropa 2016 yang dilangsungkan di Stade de Bordeaux, pada Rabu (22/6/16) dini hari WIB. Setelah menjalani pertandingan yang cukup alot pada akhirnya La Furia Roja mesti mengakui keunggulan lawan mereka dan skuad besutan Vicente del Bosque ini harus rela finis sebagai runner-up dan mereka pun akan berjumpa dengan Italia di babak 16 besar.

Demi meraih poin penuh pada pertandingan krusial ini Del Bosque menurunkan para pemain pilarnya dengan memasang David de Gea, Sergio Busquets, Sergio Ramos, Andres Iniesta kemudian di lini depan diisi oleh David Silva, Nolito dan Alvaro Morata. Sementara itu di pihak Kroasia melakukan sedikit perubahan pada susunan pemainnya seiring dengan absennya Luka Modric dengan menurunkan Nikola Kalinic dan Marko Rog sejam menit pertama.

Spanyol mengawali laga dengan cukup meyakinkan dengan menjebol gawang Kroasia di menit ke-7. Gol pertama Spanyol ini dicetak oleh Morata yang menerima umpan matang Cesc Fabregas. Tidak berapa lama nyaris saja Spanyol menggandakan keunggulannya namun umpan silang yang disambar oleh Nolito masih belum berujung gol.

Kroasia juga terus berusaha untuk membalas gol tersebut dan perlu waktu lama bagi mereka untuk bisa menyamakan kedudukan. Adalah Nikola Kalinic yang membuat Kroasia berhasil mengakhiri pertandingan di babak pertama dengan skor 1-1. Gol Kalinic berawal dari penetrasi Ivan Perisic dari sisi kiri dan kemudian dirinya melepaskan umpan silang yang disontek oleh Kalinic.

Dengan hasil imbang di babak pertama membuat tempo pertandingan di babak kedua semakin berjalan dengan sengit. Juanfran dan Morata mendapatkan kesempatan untuk membalikkan kedudukan namun Spanyol masih belum bisa membalas gol Kroasia. Spanyol juga beberapa kali menyia-nyiakan peluang yang mereka miliki dan akhirnya gawang De Gea kembali kebobolan di menit ke-87. Kali ini giliran Perisic yang mencatatkan namanya di papan skor dan yang menyumbangkan assist adalah Kalinic. Hasil ini membuat Kroasia menempati puncak klasemen dengan nilai tujuh sedangkan Spanyol berada di posisi kedua dengan nilai enam.