Kroasia Gagal Menang Saat Hadapi Ceko
Kroasia 2-2 Republik Ceko Grup D Piala Eropa 2016

Bolahero.com – Kroasia gagal menang saat hadapi Ceko dalam partai lanjutan Grup D Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Stade Geoffroy-Guichard pada Jumat, (17/06/16) malam WIB. Pertandingan tersebut berlangsung cukup dramatis karena kemenangan Kroasia yang sudah berada di depan mata mesti sirna setelah Republik Ceko mendapatkan hadiah penalti di menit akhir jelang berakhirnya pertandingan.

Kroasia memulai laga dengan cukup baik karena mereka sudah unggul satu gol saat pertandingan memasuki menit ke-37. Yang mencetak gol pertama untuk Kroasia ini tidak lain adalah Ivan Perisic yang sukses mencuri gol dengan memanfaatkan kesalahan pemain tengah Ceko. Bola yang berhasil direbut oleh Milan Badelj kemudian dikirimkan kepada Perisic yang dengan sigap melepaskan tendangan kaki kiri yang menembus gawang tim lawan.

Hampir saja Kroasia menggandakan keunggulan mereka andaikan sontekan Domagoj Vida di menit ke-42 tidak melebar. Skor 1-0 ini mengakhiri babak pertama yang berlangsung ketat karena kedua tim beberapa kali mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol. Di babak kedua, Kroasia masih tetap tampil menekan tetapi perlahan-lahan Ceko berhasil menemukan ritme permainan. Namun yang terjadi gawang Ceko malah kembali kebobolan dan kali ini yang mencetak gol adalah Ivan Rakitic. Gelandang andalan Barcelona itu mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-59.

Tertinggal dua gol membuat Ceko berusaha mati-matian untuk bisa memperkecil ketertinggalan mereka dari Kroasia. Alhasil gawang Kroasia pun bergetar berkat gol balasan yang ditorehkan oleh Milan Skoda pada menit ke-76. Jalannya laga sempat berhenti karena adanya insiden pelemparan lampu flare ke dalam lapangan namun yang diduga berasal dari arah tribun Kroasia. Tetapi tidak beberapa lama pertandingan kembali dilanjutkan.

Di sinilah petaka untuk Kroasia berawal tepat di menit ke-93 setelah wasit menunjuk titik putih dan memberikan hadiah penalti untuk Ceko lantaran Vida melakukan handball di dalam kotak penalti. Tomas Necid yang maju sebagai eksekutor berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik dan skor 2-2 pun mengakhiri laga yang mesti berakhir dengan hasil yang dramatis ini.