Kolombia Raih Tempat Ketiga Usai Tundukkan AS
Amerika Serikat 0-1 Kolombia Copa America Centenario

Bolahero.com – Kolombia raih tempat ketiga usai tundukkan AS dalam pertandingan yang dilangsungkan di University of Phoenix Stadium, Arizona, Minggu (26/6/16) pagi WIB. Kedua tim yang sama-sama kandas di babak semifinal Copa America Centenario ini tampil habis-habisan dalam perebutan tempat ketiga dan tuan rumah gagal keluar sebagai juara setelah Kolombia unggul berkat gol tunggal Carlos Bacca.

Jalannya laga sendiri berlangsung cukup seru di mana Kolombia mampu menguasai jalannya pertandingan dan mereka mendapatkan peluang pertamanya di menit ke-13 tetapi tembakan keras James Rodriguez dari luar kotak penalti berhasil dihalau oleh penjaga gawang Amerika Serikat, Tim Howard. Amerika Serikat kemudian melancarkan serangan balasan lewat tembakan first time Clint Dempsey yang memanfaatkan umpan tarik Alejandro Bedoya saat laga berjalan 17 menit akan tetapi bola masih membentur pemain belakang Kolombia.

Setelah terjadi pertarungan sengit di lini tengah akhirnya Kolombia berhasil mencuri gol di menit ke-31. Gol tersebut bermula dari upaya James yang mengangkat bola ke arah Santiago Arias yang kemudian memberikan bola kepada Bacca yang langsung menyambarnya dan hasilnya berbuah gol untuk timnya. Tertinggal lebih dulu membuat Amerika Serikat tersengat dan mereka pun berusaha untuk membalasnya enam menit berselang namun tendangan Bedoya masih belum menemui sasaran dan skor 1-0 ini menutup pertandingan di babak pertama.

Di babak kedua, Amerika Serikat semakin tampil offensif demi menyamakan kedudukan. Mereka pun mendapatkan peluang emas di menit ke-52 lewat tendangan bebas yang dieksekusi oleh Dempsey. Akan tetapi bola hasil tendangannya masih bisa ditepis oleh David Ospina yang melakukan penyelamatan dengan satu tangannya. Empat menit kemudian giliran Kolombia yang mengancam gawang Amerika Serikat tapi tendangan James masih menyamping.

Setelahnya kedua tim saling berbalas serangan dan beberapa kali upaya Kolombia untuk menggandakan keunggulan selalu dimentahkan oleh tiang gawang. Sampai dengan babak kedua ini berakhir skor masih belum berubah dan dengan hasil ini maka Kolombia keluar sebagai juara dan berhak menyandang status sebagai juara ketiga. Untuk laga final antara Argentina dengan Chile sendiri baru akan dimainkan pada Senin, (27/6/16).