Kemarahan Dunga Setelah Brasil Disingkirkan Peru
Para pemain Brasil memprotes gol dari pemain Peru

Bolahero.com – Kemarahan Dunga setelah Brasil disingkirkan Peru sangat terlihat jelas saat dirinya meladeni pertanyaan dari awak media usai timnya menelan kekalahan dan gagal melaju ke babak perempat final Copa America Centenario. Berhadapan dengan Peru di Gillette Stadium pada Senin, (13/6/16), sebenarnya Brasil hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa melangkah ke fase berikutnya.

Meski begitu skuad besutan Carlos Dunga ini memilih untuk tidak bermain terlalu defensif dan tetap mengincar kemenangan atas lawannya. Berdasarkan statistik yang dirilis oleh ESPN sebenarnya Brasil mampu menguasai pertandingan dengan mencatatkan penguasaan bola sebesar 66 persen dan Selecao juga memiliki 14 attempts dan lima percobaan di antaranya tepat mengarah ke gawang. Sementara Peru hanya memiliki empat peluang dan cuma separuh yang tepat sasaran.

Pertandingan pun berlangsung dengan alot dan beberapa peluang dimiliki oleh Philippe Coutinho dan kawan-kawan masih belum berhasil menggetarkan gawang Peru. Malahan gawang mereka justru kebobolan di menit ke-73 oleh gol kontroversial yang dibukukan oleh Raul Ruidiaz. Para pemain Brasil sempat melayangkan protes  lantaran pemain yang bersangkutan mencetak gol dengan menggunakan tangan dan wasit sendiri sempat menghentikan laga sejenak namun hasilnya wasit memutuskan untuk mengesahkan gol tersebut.

Sebenarnya bukan kali ini saja Brasil gagal lolos dari babak fase grup Copa America Centenario karena mereka pertama kali gagal melaju ke babak berikutnya terjadi pada tahun 1975 silam. Pada waktu itu Brasil hanya mampu bertengger di urutan ketiga di tangga klasemen dengan poin empat tepat di bawah Peru dan Ekuador yang menempati posisi pertama dan kedua.

“Semua orang yang ada di sana telah melihat apa yang terjadi. Kami memang tak bisa mengubah apa yang orang-orang lihat,” ujar Dunga seperti yang diberitakan oleh Soccerway. “Saya sama sekali tidak paham mengapa mereka (wasit) merundingkan sesuatu sekitar selama empat menit dan kemudian wasit dan para asistennya sama sekali tak memecahkan apa pun. Kami telah tereliminasi karena tak bisa bermain sepak bola sebagaimana mestinya,” sesal Dunga yang mengeluhkan soal keputusan wasit yang mengesahkan gol Peru.