Kartu Hijau, Kartu Baru Dalam Sepak Bola?
Masih jarang yang mengetahui arti dari kartu hijau dalam sepak bola

Bolahero.com – Kartu baru dalam sepak bola memang sudah tidak asing di beberapa negara asing. Namun, di kancah sepak bola lokal, kartu hijau tentu masih sangat awam. Lalu apakah kartu hijau itu? Apa bedanya dengan kartu yang lain seperti kartu kuning dan kartu merah? Nah, di sini akan diulas mengenai kartu hijau yang memang sangat unik ini. Meskipun belum diterapkan di seluruh dunia, nampaknya kartu hijau sangat cocok diterapkan secara global untuk menjunjung sportivitas yang tinggi.

Kartu hijau ini diterapkan di salah satu kompetisi di Italia, yaitu kompetisi di kasta kedua, atau biasa disebut dengan Serie B. Jika kartu kuning dan merah adalah kartu pelanggaran baik ringan maupun berat, kartu hijau ini mempunyai fungsi sebaliknya. Jadi, kartu hijau diberikan kepada pemain yang memang menjunjung sportivitas tinggi. Penggunaan kartu baru yang unik ini sudah dipakai di kompetisi junior di Italia. Hal ini ditujukan agar mendidik para pemain baru untuk lebih bermain dengan sportif.

Penerapan kartu hijau ini juga sangat unik. Seperti contoh saat dulu pada tahun 2014 di laga Lazio melawan Napoli, wasit dibuat dilema oleh gol Miroslav Klose, apakah itu gol sah atau bukan? Namun akhirnya, Klose yang pada waktu itu mengaku bahwa gol tersebut tercipta karena tangannya, akhirnya wasit tidak mensahkan gol tersebut. Dengan begitu, Miroslav Klose layak mendapatkan kartu hijau.