Kandaskan Ukraina, Polandia Temani Jerman Ke Babak 16 Besar
Ukraina 0-1 Polandia Grup C Piala Eropa 2016

Bolahero.com – Polandia temani Jerman ke babak 16 besar setelah mereka finis sebagai runner-up usai mengandaskan Ukraina dengan skor tipis 1-0 dalam pertandingan pamungkas Grup C Piala Eropa 2016 yang dihelat di Stade Velodrome, Marseille, pada Selasa (21/6/16) malam WIB. Polandia sukses mengamankan poin penuh melalui gol tunggal yang dicatatkan oleh Jakub Blaszczykowski di menit ke-54.

Polandia kini bertengger di posisi kedua di tangga klasemen dengan nilai tujuh, sama dengan Jerman yang juga berhasil menang tipis atas Irlandia Utara namun tim besutan Joachim Loew ini unggul dalam selisih gol. Kemudian di posisi ketiga diduduki oleh Irlandia yang meraih tiga poin dan Ukraina sendiri menjadi juru kunci klasemen Grup C tanpa mendapatkan poin satu pun karena mereka menelan tiga kekalahan beruntun di fase grup ini.

Jalannya pertandingan sendiri berjalan sedikit timpang dengan Polandia yang mencatatkan 63% penguasaan bola serta menghasilkan 19 tembakan percobaan dengan lima di antaranya on target. Sebaliknya Ukraina hanya membuat sembilan tembakan dan hanya tiga yang mengarah tepat ke sasaran. Pertandingan yang mempertemukan kedua tim ini berlangsung cukup alot karena kedua tim sama-sama tampil ngotot ingin mengejar kemenangan pada laga pamungkas ini.

Polandia langsung tampil menekan sejak menit awal pertandingan di awali dari sepakan keras Arkadiusz Milk yang masih bisa diantisipasi oleh penjaga gawang Ukraina, Andriy Pyatov. Selang tak berlapa lama giliran Robert Lewandowski yang mendapatkan peluang namun tembakannya masih melambung. Beberapa kali Polandia terus-terusan menggempur pertahanan Ukraina namun hingga babak pertama berakhir masih belum ada gol yang tercipta.

Di babak kedua barulah Polandia mampu memecah kebuntuan setelah Blaszczykowski menuntaskan umpan Milk dengan mengarahkan bola ke pojok kiri atas gawang Ukraina yang berujung dengan gol. Nyaris saja Polandia menggandakan keunggulannya dua menit berselang setelah gol pertama mereka hanya saja penyelesaian akhir Bartosz Kaputska masih belum sempurna. Hingga wasit meniup peluit panjang tidak ada lagi tambahan gol yang tercipta dan Polandia pun melenggang ke fase knock out dengan kemenangan 1-0.