Kandaskan Swedia, Belgia Finis Diposisi Kedua
Swedia 0-1 Belgia Grup E Piala Eropa 2016

Bolahero.com – Belgia finis diposisi kedua usai mengandaskan Swedia dengan skor 1-0 pada partai terakhir Grup E Piala Eropa 2016 yang dilangsungkan di Stade de Niece, Kamis (23/6/16) dini hari WIB. Meskipun skuad besutan Marc Wilmots ini mampu tampil dominan namun mereka baru berhasil membuat gol ke gawang Swedia di menit ke-84 dan yang mencetak gol penentu The Red Devils adalah Radja Nainggolan.

Belgia yang sejatinya mengincar kemenangan saat berhadapan dengan Swedia ini mampu mencatatkan 20 tembakan percobaan dan sebanyak tujuh di antaranya tepat sasaran. Sementara itu Swedia juga tampil cukup baik dengan menghasilkan 12 attempts dan total ada empat tendangan percobaan yang on target. Saking ketatnya pertandingan membuat wasit sampai mengeluarkan empat kartu kuning di mana dua diberikan untuk pemain Belgia dan dua lainnya untuk pemain Swedia.

Sesuai dengan yang diprediksi, begitu babak pertama dimulai baik Swedia maupun Belgia sama-sama mengambil inisiatif untuk tampil menyerang. Peluang bersih pertama didapatkan oleh Swedia ketika pertandingan memasuki menit keempat melalui sepakan Marcus Berg namun upaya mereka untuk mencetak gol cepat ini masih bisa digagalkan oleh Thibaut Courtois.

Di menit keenam giliran Romelo Lukaku yang menebar ancaman tetapi bola hasil tendangannya masih melebar. Setelah itu permainan lebih banyak berada di lini tengah lapangan dan babak pertama berakhir imbang tanpa gol. Jalannya laga sedikit berubah memasuki babak kedua di mana Swedia memperkuat pertahanannya yang membuat Belgia kesulitan untuk menembus lini belakang tim lawan. Terbukti beberapa kali serangan yang mereka bangun berhasil digagalkan oleh para pemain belakang Swedia yang bermain disiplin.

Tetapi pada akhirnya Belgia mampu mencetak gol dan gol yang dibukukan oleh Nainggolan ini berawal dari kemelut di kotak penalti Swedia. Pemain belakan AS Roma tersebut menyambar bola liar yang ditendangnya dengan keras lalu bola membentur badan bek Swedia, Martin Olsson sebelum menembus gawang Swedia yang dikawal oleh Andreas Isaksson. Dengan kemenangan ini maka Belgia menempati posisi runner-up dengan nilai enam sedangkan Swedia berada di posisi terbawah dengan nilai satu.