Kabar Liga Inggris : Di Bawah Asuhan Klopp, Liverpool Masuk Dalam Daftar Kandidat Juara EPL 2016/2017

Di musim ini, berada di tangan Jurgen Klopp, Liverpool benar-benar menjelma menjadi klub yang diperhitungkan.

0
Kabar Liga Inggris
[Image source mirror.co.uk]

Bolahero.com – Kabar Liga Inggris : Seperti halnya Josep ‘Pep’ Guardiola, Arsene Wenger atau juga Mauricio Pochettino, Jurgen Klopp juga meraih banyak pujian karena telah menukangi Liverpool dengan bagus sampai beberapa pekan ini untuk lakoni kerasnya persaingan di English Premier League (EPL) musim 2016/2017.

Klopp telah membawa banyak perubahan di tubuh The Reds dan membuat Liverpool semakin solid baik di sektor belakang, tengah maupun depan. Dikarenakan kemoncerannya ini, Liverpool masuk dalam daftar 3vkandidat jawara EPL musim ini, 2 di antaranya adalah Manchester City dan Tottenham Hotspurs.

Racikan skema bertahan dan menyerang yang diberikan kepada para penggawa Liverpool terbukti ampuh. Dalam beberapa laga terakhir, The Reds belum mengalami kekalahan dan performanya terus meninggi.

Sejak menukangi Liverpool pada akhir tahun 2015 lalu, menggantikan Brendan Rodgers, Klopp benar-benar memberikan suntikan semangat dan corak baru bagi The Reds yang selama beberapa musim ini hanya dapat sebagai penonton kala tim lain mengangkat piala.

 

Bahkan, dia juga dirasa cerdik dan tepat dalam memilih para pemain. Klopp terus memberikan motivasi dan segala hal yang dimilikinya untuk terus mengantarkan Liverpool menjadi seperti sekarang ini.

Bahkan ketika ada permintaan dari suporter agar Liverpool membeli pemain yang diharapkan, Klopp dengan jeli tidak langsung mengiyakan, namun lebih memikirkan segala hal sebelum memutuskannya.

Pria yang pernah sukses bersama Fulham, Queens Park Rangers dan manchester United tersebut lebih cenderung memilih pemain yang loyal dan pekerja keras walaupun skil yang dimilikinya tidak seberapa, daripada pemain hebat yang hanya menginginkan karir, gaji besar dan kesuksesan untuk diri sendiri.

“Para suporter Liverpool acapkali terdengar mendengungkan, ‘beli, beli, beli’. Klopp tak tertarik. Ia tak peduli dengan pemain individual yang mengejar sukses seorang diri, paket gaji besar, dan tak punya keselarasan dengan klub. Ia menuntut kesetiaan, para pemain yang senang bermain untuk Liverpool, mirip dengan eranya di Borussia Dortmund,” ujar Paul Andrew Parker, seorang pengamat sepakbola asal Inggris, seperti yang dikutip dari Eurosport, via Detik (5/10).

Kabar Liga Inggris
[Image source thesun.co.uk]
Bahkan menurut Parker, Klopp adalah tipe orang yang tidak ingin memanjakan atau bergantung pada satu pemain saja. Seperti saat Daniel Sturridge cedera, saat dia sembuh, Klopp tidak langsung memainkannya, melainkan mempercayakan posisi Sturridge itu kepada pemain lainnya agar dapat menambah jam terbang serta melatih kepercayaan diri penggawa yang ditunjuk.

“Dilema terbesar yang dihadapi pendahulunya, Brendan Rodgers, adalah mengenai kebugaran Daniel Sturridge. Klopp bahkan tidak menjadikannya sebuah masalah, enggan buru-buru mengandalkan penyerang asal Inggris itu di lini depan ketika ia sudah bugar. Ia yakin dengan pemain lainnya dan itu sudah mengisi skuatnya dengan kepercayaan diri,” lanjutnya.

Membuka awal musim dengan gemilang, walaupun pernah terjungkal di kandang Burnley, akan tetapi para penggawa Liverpool tetap konsisten untuk memupuk dan menjaga semangat juang tinggi.

Lecutan semangat tersebut terbukti dengan berhasil mengandaskan 3 klub besar yang mengisi papan atas Liga Premier Inggris, yaitu Arsenal yang diprediksi bakal memberikan kejutan di EPL 2016/2017, Chelsea yang sudah menjadi jawara Liga Inggris selama 2 musim berturut-turut dan Leicester City yang di musim lalu berhasil mengangkat tropi juara EPL.

“Liverpool terlihat seperti sebuah tim solid dan saat ini persaingan titel di Premier League tampak mulai mengerucut di antara mereka, Manchester City, dan Tottenham,” kata Parker.