Jerman Unggul Dua Gol Tanpa Balas Atas Ukraina
Gol telat Schweinsteiger buat Jerman unggul 2-0 atas Ukraina

Bolahero.com – Jerman unggul dua gol tanpa balas atas Ukraina dalam pertandingan pertama Grup C yang dilangsungkan di Stade Pierre Mauroy pada hari Senin, (13/6/16) dini hari WIB. Gol kemenangan Der Panzer ini masing-masing dicetak oleh Shkodran Mustafi saat pertandingan baru berjalan selama 19 menit serta satu gol tambahan dari Bastian Schweinsteiger yang menambah keunggulan timnya di masa injury time.

Berdasarkan catatan yang dirilis oleh Soccerway, Jerman tampil dominan pada pertandingan dini hari tadi dengan unggul dalam penguasaan bola mencapai 68 persen sedangkan Ukraina sendiri hanya mencatatkan 32 persen penguasaan bola. Selain itu skuad besutan Joachim Loew ini juga mencatatkan 18 percobaan dan sembilan di antaranya tepat mengarah ke gawang. Ukraina sendiri hanya membuat tujuh attempts dan hanya tiga yang tepat sasaran.

Pertandingan babak pertama sendiri berlangsung cukup alot sampai akhirnya Mustafi membuka keunggulan untuk timnya di menit 19. Gol tersebut lahir dari pelanggaran terhadap Thomas Mueller. Toni Kross yang mengambil tendangan bebas kemudian mengirimkan bola ke dalam kotak penalti tim lawan dan di sana sudah ada Mustafi yang dengan sigap menanduk bola tersebut yang tidak mampu ditepis oleh penjaga gawang Ukraina, Adriy Pyatov.

Setelah gol tersebut Ukraina mencoba untuk bangkit tetapi tandukan Yevhen Khacherdi berhasil ditepis Manuel Neur di menit ke-29. Hampir saja Ukraina menyamakan kedudukan di menit ke-38 tetapi Jerome Boateng masih bisa menghalau bola yang membentur kakinya yang nyaris saja meluncur ke dalam gawang Jerman. Sebenarnya Ukraina sempat mencetak gol di menit 40 tetapi menurut wasit posisi Fedetskiy sudah dalam posisi off side sehingga gol tersebut pun dianulir.

Pertandingan di babak kedua berjalan semakin seru karena beberapa Jerman nyaris menggandakan keunggulan mereka namun hingga pertandingan di waktu normal berakhir skor masih belum berubah. Loew lantas memasukkan Schweinsteiger di menit ke-90 dan hasilnya pemain yang bersangkutan malah menggandakan keunggulan timnya berkat golnya di menit 90+2. Jerman pun mengakhiri laga pertama mereka di Euro 2016 ini dengan meraih kemenangan 2-0 atas Ukraina.