Italia Tundukkan Belgia 2-0
Belgia mesti mengakui ketangguhan Italia yang unggul dua gol tanpa balas

Bolahero.com – Italia tundukkan Belgia 2-0 pada pertandingan Grup E yang di helat di Stade de Lyon, Lyon, pada Selasa (14/6/16) dini hari WIB. Kemenangan atas Belgia ini tentu saja sangat berarti bagi Gli Azzurri mengingat lawan mereka ini merupakan salah satu tim favorit di gelaran Euro 2016 kali ini yang diadakan di Prancis.

Pada pertandingan dini hari tadi ini pelatih timnas Italia, Antonio Conte, menurunkan trio BBC (Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini) sebagai benteng pertahanan timnya sedangkan di sektor penjaga gawang masih ditempati oleh Gianluigi Buffon. Untuk mengimbangi Italia, Belgia juga menurunkan para pemain andalan mereka mulai dari Kevin de Bruyne, Eden Hazard dan Romelo Lukaku dan tidak lupa Thibaut Courtois pun mendapat kepercayaan untuk mengawal gawang timnya.

Laga antara Italia kontra Belgia ini juga berlangsung seru meskipun Hazard dan kawan-kawan memang cukup kesulitan dalam menembus benteng pertahanan Italia yang cukup solid ini padahal mereka lebih mendominasi permainan. Pertahanan kokoh yang menjadi Italia ini terbukti efektif dan berhasil membuat para pemain Belgia merasa frustrasi. Meskipun bermain bertahan namun Italia juga banyak mengandalkan serangan balik dan hasilnya mereka pun unggul di babak pertama berkat gol Emanuele Giaccherini di menit ke-32.

Gol tersebut bermula dari umpan panjang Leonardo Bonucci dan Giaccherini berhasil lolos dari kepungan bek Belgia sehingga dirinya tinggal berhadapan dengan Courtois. Dengan tenangnya Giaccherini mampu memaksimalkan peluang dan memasukkan bola ke dalam gawang Belgia. Hampir saja gawang Belgia kembali kebobolan selang tiga menit kemudian untungnya Courtois bisa menaham tendangan keras Antonio Candreva dan babak pertama berakhir dengan skor 1-0.

Di babak kedua permainan Italia masih tidak berubah dan mereka kerap menyulitkan Belgia lewat serangan balik cepat. Belgia juga memiliki beberapa kans untuk mencetak gol seperti peluang emas Lukaku di menit ke-53 tetapi masih bisa diamankan oleh Buffon. Italia kemudian menambah keunggulan mereka lewat gol Pelle jelang berakhirnya pertandingan dan Belgia pun menelan kekalahan 2-0 pada laga pertama fase grup ini.