Italia Telan Kekalahan Tipis Atas Republik Irlandia
Italia 0-1 Republik Irlandia Grup E Piala Eropa 2016

Bolahero.com – Italia telan kekalahan tipis atas Republik Irlandia saat kedua tim saling bertemu pada laga ketiga Grup E Piala Eropa 2016 yang digelar di Stade Pierre-Mauroy, Kamis (23/6/16) dini hari WIB. Secara dramatis tim asuhan Martin O’Neill ini mampu mematahkan prediksi banyak orang dengan menghentikan catatan kemenangan beruntun milik Italia di fase grup dengan mengalahkan mereka lewat gol tunggal yang dicetak oleh Robert Brady di menit ke-85.

Italia yang sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar memang tidak menurunkan beberapa pemain pilar mereka yang nampaknya memang sengaja diistirahatkan oleh sang pelatih, Antonio Conte. Dalam starting XI Gli Azzurri tidak ada nama Gianluigi Buffon, Daniele De Rossi, Giorgio Chiellini, Marco Parolo, Eder, Emanuele Giaccherini dan Graziano Pelle.

Tanpa diperkuat pemain utamanya tidak lantas membuat Republik Irlandia bisa dengan mudah menguasai jalannya laga meskipun kedua tim sama-sama memiliki beberapa peluang emas untuk mencetak gol pada pertandingan ini. Di menit ke sembilan, Republik Irlandia hampir saja unggul namun sepakan keras Jeff Hendrick masih sedikit melebar. Gawang Italia kembali terancam di menit ke-21 namun bola hasil tandukan Murphy masih bisa diamankan oleh Sirigu.

Republik Irlandia yang membutuhkan kemenangan untuk lolos ke babak knock out benar-benar tampil ngotot dan membuat Italia sempat kesulitan untuk mengembangkan permainan dan alhasil babak pertama pun berakhir imbang dengan skor 0-0 untuk kedua tim. Permainan Italia mulai membaik begitu babak kedua dimulai diawali dengan umpan silang Mattia De Sciglio yang berhasil disambar oleh Zaza di menit ke-53 hanya saja bola masih melebar. Conte kemudian memasukkan Lorenzo Insigne untuk menggantikan Ciro Immobile dan hasilnya Insigne nyaris saja membuat gol namun sial tendangannya masih membentur tiang gawang.

Di saat pertandingan sepertinya akan berakhir imbang, Republik Irlandia malah berhasil memecah kebuntuan di menit ke-85. Tandukan Brady yang menyambut umpan silang Hoolahan gagal diantisipasi oleh Sirigu dan pertandingan pun berakhir untuk kemenangan bagi Republik Irlandia yang unggul 1-0 dan kini menempati posisi ketiga dengan nilai empat.