Italia Sukses Tumbangkan Spanyol
Italia 2-0 Spanyol babak 16 besar Piala Eropa 2016

Bolahero.com – Italia sukses tumbangkan Spanyol dan berhak melaju ke babak perempatfinal Piala Eropa 2016 setelah mereka berhasil meraih kemenangan meyakinkan 2-0 atas tim besutan pelatih Vicende del Bosque. Menghadapi La Furia Roja di Stade de France, Senon (27/06/16) malam WIB, Graizano Pelle tampil apik dan mereka mampu membuat para pemain Spanyol kesulitan untuk menembus pertahanan mereka yang solid.

Seperti yang sudah diprediksi pada pertandingan kali ini Italia tetap mengusung gaya bermain yang biasa yaitu bermain bertahan dengan mengandalkan serangan balik. Antonio Conte memilih untuk menggunakan formasi 3-5-2 dengan menumpuk banyak pemain di lini tengah sedangkan Spanyol memakai pola 4-3-3 dengan menempatkan Alvaro Morata, Nolito dan David Silva sebagai trisula di lini depan.

Hasilnya Spanyol mencatatkan penguasaan bola sebesar 58% dan mereka memiliki 11 attempts dengan lima di antaranya tepat sasaran. Italia justru tampil lebih efektif dengan melepaskan 11 tembakan percobaan dengan sebanyak tujuh percobaan mereka on target. Begitu babak pertama dimulai dari pihak Spanyol langsung mencoba untuk menguasai pertandingan dengan membangung serangan lewat umpan-umpan cepat yang menjadi ciri khas mereka.

Tetapi di 20 menit awal pertandingan malahan Italia lebih banyak mendapatkan peluang meskipun masih belum berbuah gol. Italia bari bisa menjebol gawang David de Gea saat laga sudah memasuki menit ke-31. Gol pertama Italia dicetak oleh Giorgio Chiellini yang memanfaatkan bola muntah setelah tendangan bebas Eder berhasil ditepis oleh De Gea lalu bola coba disambar oleh Giaccherini namun gagal hingga Chiellini dari belakang langsung mencocor bola dan masuk ke dalam gawang.

Memasuki babak kedua tensi pertandingan semakin memanas apalagi Spanyol semakin bermain agresif demi bisa menyamakan kedudukan. Beberapa kali Spanyol mendapatkan peluang di babak kedua ini tetapi tidak ada satu pun yang bisa dikonversi menjadi gol dan yang terjadi gawang mereka justru kembali kebobolan di masa injury time. Darmian melepaskan umpan silang ke kotak penalti Spanyol dan bola sempat mengenai pemain belakang Spanyol namun tetap mengarah ke Pelle yang tidak menyiakan peluang dengan memasukan bola ke dalam gawang. Italia pun menang 2-0 dan di babak perempatfinal nanti mereka akan menantang Jerman.