Italia Lolos Ke Babak Knock Out Usai Bekuk Swedia
Italia 1-0 Swedia Grup B Piala Eropa 2016

Bolahero.com – Italia lolos ke babak knock out usai bekuk Swedia dengan skor tipis 1-0 berkat gol tunggal yang dicetak oleh Eder di menit-menit akhir jelang berakhirnya pertandingan lanjutan Grup E Piala Eropa 2016 yang diadakan di Stadium Municipal, Tolouse, Jumat (17/06/16) malam WIB. Hasil positif ini sudah cukup memastikan Gli Azzurri mengamankan tiket ke babak 16 besar.

Jalannya laga yang mempertemukan kedua tim ini relatif berlangsung seimbang karena kedua tim sama-sama mencatatkan penguasaan bola sebesar 50 persen. Meski begitu menurut catatan dari UEFA, anak asuh Antonio Conte mampu bermain lebih efektif dengan menciptakan delapan percobaan dan empat di antaranya mengarah tepat sasaran sedangkan Swedia yang mencatatkan tiga attempts ini tidak ada satu pun dari tembakan percobaan mereka yang on target.

Italia yang mengawali laga dengan mengambil inisiatif untuk tampil menyerang ini sempat dibuat kesulitan untuk menembus pertahanan Swedia yang mulai bisa menguasai ritme permainan setelah laga memasuki menit ke-15. Mereka bahkan sempat memberikan dua ancaman melalui sepakan keras Martin Olssin dan Kim Kallstrom tetapi bola masih melebar dan ada yang berhasil diamankan oleh Gianluigi Buffon.

Setelah itu pertandingan terasa datar dan tidak ada peluang bersih yang tercipta. Babak pertama ini pun berakhir imbang tanpa gol. Sebagai catatan, Italia juga tidak  memiliki attempts sepanjang babak pertama ini. Di babak kedua, Italia mulai menemukan ritme permainan dengan membuat percobaan lewat tembakan keras Graziano Pelle di dalam kotak penali Swedia di menit 48 tapi bola masih melenceng. Di menit ke-59, Conte menarik keluar Pelle dan memasukkan Simone Zaza untuk menambah daya gedor timnya.

Namun pertandingan masih tetap berlangsung monoton sampai akhirnya gol yang ditunggu-tunggu datang. Berawal dari lemparan bola ke dalam yang dilakukan Giorgio Chiellini yang kemudian diterima oleh Zaza, Eder lantas berhasil memaksimalkan umpan yang ia terima dengan melepaskan tembakan yang tepat mengarah ke tiang jauh Swedia dan bola gagal dihalau oleh Andreas Isakssin. Gol yang dicetak oleh Eder di menit 88 ini bertahan hingga pertandingan berakhir.