Irlandia Utara Permalukan Ukraina
Ukraina 0-1 Irlandia Utara Grup C Piala Eropa 2016

Bolahero.com – Irlandia Utara permalukan Ukraina dalam pertandingan lanjutan Grup C Piala Eropa 2016 yang dilangsungkan di Stadion Parc Olmpique Lyonnais, Kamis (16/6/16) malam WIB. Menghadapi lawan yang posisinya jauh lebih diunggulkan secara mengejutkan Irlandia Utara tampil menggebrak dan hasilnya tim asuhan Martin O’Neil ini unggul atas Ukraina dengan skor 2-0.

Ukraina tampil dominan pada pertandingan tersebut berkat penguasaan bola mereka yang mencapai 62 persen di babak pertama. Meski begitu Ukraina malah beberapa kali membuang-buang peluang yang mereka dapatkan seperti peluang dari Serhiy Sydorchuck di menit ke-16. Yevhen Konoplyanka juga sempat memberikan ancaman kepada Irlandia Utara lewat peluang yang didapatnya pada menit ke-26. Irlandia Utara mendapatkan peluang emas di menit 34 namun tandukan Craig Cathcart masih melenceng.

Beberapa peluang berikutnya yang dimiliki oleh kedua tim masih belum membuahkan hasil dan babak pertama ini pun berakhir dengan skor 0-0. Memasuki babak kedua, Ukraina masih terus mendominasi laga dan baru semenit pertandingan berjalan mereka mendapatkan peluang hanya saja sundulan Yevhen Seleznyov belum menemui sasaran. Terus menekan lawan yang terjadi Irlandia Utara malah mencuri gol lebih dahulu setelah Gareth McAuley melesakkan bola ke dalam gawang Ukraina di menit 49.

Setelah gol pertama tersebut Irlandia Utara kembali memiliki kans untuk menambah keunggulan mereka tetapi sepakan Norwood masih bisa ditepis oleh penjaga gawang Ukraina. Wasit terpaksa menghentikan pertandingan di menit ke-57 karena turun hujan es dan para pemain dari kedua tim masuk ke dalam lorong stadion. Sekitar lima menit berselang pertandingan dimulai kembali dan Ukraina berusaha keras untuk mencetak gol balasan dengan menciptakan beberapa peluang.

Tapi dari beberapa peluang tersebut masih belum ada gol tambahan yang tercipta dan di menit-menit akhir pertandingan gawang Ukraina kembali kebobolan. Gol telat Niall McGin di masa injury time membuat Irlandia Utara berhasil mengunci kemenangan mereka atas Ukraina dan pertandingan ini pun berakhir dengan skor 2-0. Dengan hasil ini maka untuk sementara Irlandia menduduki posisi ketiga dengan poin 3 sedangkan Ukraina berada di posisi terakhir dengan nilai 0.