Ini Dia Fakta Menarik Dari Stadion Parc Des Princes
Stadion Parc des Princes yang menjadi kandang Paris Saint-Germain

Bolahero.com – Berhubung ajang Euro 2016 dilangsungkan di Prancis maka berikut akan membahas fakta menarik dari Stadion Parc des Princes yang dikenal oleh publik sebagai kandang dari salah satu raksasa Ligue-1, Paris Saint-Germain. Stadion ini menjadi kandang dari Les Parisiens sejak tahun 1973 dan stadion yang menjadi kebanggaan penduduk Paris ini menonjolkan sisi arsitektur avant-grande yang juga mengedepankan faktor kenyamanan serta fasilitas pendukung pada stadion. Merasa penasaran bukan dengan stadion yang satu ini kalau begitu simak beberapa fakta menarik dari stadion Parc des Princes berikut ini :

  1. Arti Dari Nama Stadion

Parc des Princes jika diartikan secara harafiah dapat diterjemahkan sebagai taman pangeran. Jadi ini merunut pada sejarah dari lokasi letak stadion ini menurut informasi pada jaman dahulu kala lokasi stadion ini merupakan area berburu dari keluarga kerajaan Prancis. Lokasi ini mulai dibuka pada 18 Juli 1897 silam dan Parc des Princes tidak hanya dipakai untuk kegiatan olahraga dan sepakbola saja tetapi juga diperuntukkan untuk kegiatan lainnya. Malahan stadion ini pernah digunakan juga untuk menggelar event Olimpiade juga sebagai tempat untuk berbagai turnamen akbar mulai dari rugby, tinju sampai konser musik. Beberapa musisi yang pernah dunia yang pernah menggelar konser di sini antara lain Michael Jackson, U2, Metallica, Red Hot Chili Peppers, Green Day dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Pertandingan Pertama Yang Digelar

Meskipun stadion ini menjadi kandang dari Paris Saint-Germain namun siapa sangka pertandingan pertama yang digelar di stadion Parc des Princes ini ternyata bukan Paris Saint-Germain atau pun timnas Prancis. Jadi tim yang pertama kali menggunakan stadion ini adalah Marseille yang menghadapi Bastia saat kedua tim saling berhadapan dalam final Coupe de France yang diadakan pada 4 Juni 1972 lalu.

  1. The Tribune Boulogne

Di stadion ini ada tribun khusus bagi pendukung garis keras PSG yang diberi nama The Tribune Boulogne. Tribune ini memang mirip dengan The Yellow Wall di Signal Iduna Park atau The Kop di Anfield. Yang menempati tribun ini adalah para suporter yang biasa disebut dengan istilah hooligans sehingga sangat wajar sering terjadi keributan antar pendukung di tribun ini.