Ini Alasan Pep Tidak Memasang Muller Sebagai Starter

Tidak menurunkan Muller sejak awal dinilai sebagai awal kekeliruan Bayern

0
info liga champions
Ini Alasan Pep Tidak Memasang Muller Sebagai Starter

Bolahero.com – Ketika info Liga Champions secara resmi mengumumkan susunan starting XI Bayern Munich untuk melawan Atletico, nama Thomas Muller tidak ada di dalamnya. Mengapa Muller tidak dimasukkan dalam starting XI Bayern?

Muller yang dikenal ahli membaca gerakan para pemain belakang lawan serta menemukan celah atau ruangan sekecil apapun, dinilai sangat tepat saat Bayern mennghadapi Atletico Madrid. Muller dinilai dapat mencuri poin di tengah lini defensi Atletico yang rapat.

Akan tetapi, manajer Bayern, Pep Guardiola, justru punya pendapat lain. Ia lebih memilih tiga orang pemain tengah yakni Xabi Alonso, Thiago Alcantara dan Arturo Vidal dan didampingi dua orang winger, Douglas Costa dan Kingsley Coman. Pemain-pemain itu ditugaskan membantu Robert Lewandowski yang bermain sebagai ujung tombak.

Guardiola mengakui lebih membutuhkan dua orang winger serta tiga orang pemain tengah, ketimbang harus menurunkan Mueller sejak awal. Di mana Muller umumnya dapat diposisikan di belakang Lewandowski.

“Saya lebih ingin menggunakan winger dengan kemampuan kaki kiri yang murni serta winger dengan kaki kanan murni. Ditambah dengan seorang pemain tengah tambahan,” demikian penuturan Pep, menurut info Liga Champions yang ditulis DW Sports.

Dengan strategi tersebut, kerapkali konsentrasi serangan Bayern terpusat dari sisi winger. Saat Bayern kesulitan untuk menembus lini belakang Atletico, barulah Pep memasukkan Mueller yang menggantikan Thiago Alcantara. Saat Muller masuk, laga telah memasuki menit ke-70.

Apa yang terjadi berikutnya? Pemain internasional Jerman itu pun tak banyak berkutik di lini pertahanan Atletico. Dari info Liga Champions yang dicatat Squawka, Muller cuma berhasil membuat satu percobaan pada lag kali ini.

Kekeliruan strategi yang digunakan Guardiola ini berbuntut kekalahan 1-0 dari tim tuan rumah. Gol semata wayang di laga tersebut dibuat oleh Saul Niguez pada menit ke-11.

Selain itu Bayern gagal menuntaskan beberapa peluang mencetak gol lantaran penampilan kiper Atletico, Jan Oblak, yang cukup gemilang. Di leg II nanti, Bayern akan bermain di depan publiknya sendiri, di Allianz Arena. Los Colchoneros hanya butuh hasil imbang 0-0 untuk lolos ke final. Sementara Atletico butuh kemenangan minimal 2-0 untuk bisa menyingkirkan wakil Spanyol.