Info Liga Inggris : Legenda MU Katakan City Tak Akan Pernah Sehebat United

Derby Manchester yang menampilkan pertemuan Manchester United dengan Manchester City memang selalu penuh dengan hal-hal tak terduga dan menarik untuk diikuti.

0
Biang bola
[Image source thesun.co.uk]

Bolahero.com – Dalam ulasan info Liga Inggris, rivalitas antara City dan United memang selalu menarik untuk diikuti. Beberapa tahun terakhir, City juga dapat dikatakan memiliki performa yang menyamai rival sekota mereka, Manchester United. Bahkan ketika kepergian Sir Alex Ferguson, United serasa berada di bawah bayang-bayang The Citizen.

Meski demikian, legenda Manchester United, Peter Schmeichel, yang juga sempat bermain di City, percaya bahwa Citizens tidak akan mampu menandingi popularitas The Red Devils. Dalam suatu wawancara, Schmeichel mengatakan bahwa tidak ada yang meragukan bahwa Manchester United merupakan klub terbesar di dunia.

Bagi sebagian orang, pujian yang dilontarkan oleh Schmeichel tentunya akan terdengar sedikit berlebihan. Pasalnya, dalam tiga musim terakhir, United menorehkan catatan yang sangat tidak memuaskan. Si Setan Merah bahkan hanya bisa finish di posisi ketujuh, keempat, dan kelima di beberapa musim lalu. Sementara rival mereka, City, mampu keluar sebagai pemenang Liga Premier pada 2014 lalu.

Info Liga Inggris
[Image source manchesterlalala.com]
Terkait dengan fakta itu, Schmeichel mengaku tetap percaya bahwa kejayaan United akan segera kembali. Di samping itu, derby antara City dan United juga akan menjadi reuni antara Pep Guardiola dan Jose Mourinho. Tentunya masih hangat di ingatan, bagaimana keduanya sempat bersaing sengit saat masih berkarir di La Liga.

Derby Manchester sendiri sudah dimulai sejak tahun 1881. Saat itu, City masih dikenal sebagai West Gorton (St. Marks), sedangkan United masih bernama Newton Heath. Derby pertama itu pun berakhir dengan kemenangan 3-0 di sisi United. Sejak itu, derby Manchester menjadi pertandingan yang paling ditunggu dalam Liga Premier.

Info Liga Inggris
[Image source sportskeeda.com]
Pada musim 2010-2011, Liga Premier menampilkan tiga derby Manchester. Dengan hasil, satu kemenangan untuk United, satu imbang, dan satu kemenangan untuk City. Pada Oktober 2011 lalu, City juga berhasil membuat rekor baru di Old Trafford, yakni dengan mencetak enam gol ke gawang United. Pertandingan tersebut kemudian berakhir dengan kemenangan City 6-1 atas United.

 

Kemudian pada musim 2012-2013, derby pertama Manchester dimenangkan oleh United. Namun City lantas memegang kendali dengan menjadi tak terkalahkan dalam 37 pertandingan di Liga Premier. Sementara pada musim 2013-2014, derby pertama Manchester dimenangkan oleh City. Mereka berhasil membungkam United dengan hasil 4-1 di Etihad Stadium. Pertandingan itu tepatnya digelar pada 22 September 2013 lalu.

City juga berhasil mengalahkan United dalam tiga kemenangan berturut-turut di Old Trafford pada musim tersebut. Hasilnya, The Citizens pun keluar sebagai juara Liga Premier untuk kedua kalinya dalam tiga musim. Tak ingin dipecundangi oleh City, United berhasil bangkit pada musim 2014-15.

Info Liga Inggris
[Image source ytimg.com]
Pada bulan April 2015, City kalah 4-2 dari United. Kiper City Joe Hart mengingat hari itu sebagai salah satu hari paling buruk selama dia memakai kostum City. Lalu pada derby pertama di musim 2015-2016, hasilnya cukup mengejutkan, yakni imbang 0-0. Dan itu pertama kalinya derby berakhir tanpa gol pun sejak 2010.

Jika derby pertama berakhir imbang untuk kedua tim, pertemuan selanjutnya berhasil dimenangkan oleh United. Padahal saat itu derby dihelat di kandang City. Dan Marcus Rashford menjadi satu-satunya pemain yang berhasil mencetak gol dalam pertandingan tersebut. Jika dihitung, sejak tahun 2015, telah ada 171 pertemuan antara kedua klub. United berhasil menang 71 kali, sementara City 49 kali.