Info Bola Liga Spanyol : Ternyata Barcelona Lebih Boros Daripada Real Madrid!

Barcelona yang terkesan 'kalem' namun ternyata justru lebih royal daripada Real Madrid yang sering datangkan pemain bintang.

0
Info Bola Liga Spanyol
[Image source internationalchampionscup.com]

Bolahero.com – Real Madrid sendiri dikenal sebagai salah satu klub yang suka belanja pemain mahal. Namun dalam info bola Liga Spanyol sejak 2014 lalu, Barcelona lah yang justru lebih boros dalam bursa transfer. Menurut sebuah jurnal olahraga Spanyol, raksasa Catalan itu telah menghabiskan dana sekitar 40% lebih banyak daripada Madrid untuk membeli pemain bintang.

Sejak awal musim 2014-2015, Barcelona bahkan telah menghabiskan EURO 331 juta atau sekitar Rp 4,88 triliun. Dan jumlah itu jauh lebih besar dibandingkan Real Madrid yang hanya mengeluarkan EURO 236 juta atau setara dengan Rp 3,48 triliun. Dana yang bernilai sangat besar itu tentunya digunakan Barcelona untuk memboyong beberapa pemain kelas atas.

Untuk membawa Luis Suarez ke Barcelona, klub itu mengeluarkan dana sebesar EURO 81 juta atau Rp 1,19 T. Sementara untuk Andre Gomes, Barcelona menggelontorkan dana sampai EURO 35 juta atau Rp 516 miliar. Tak berhenti di situ, Barcelona juga sempat membeli Arda Turan dengan harga EURO 34 juta atau sekitar Rp 501 miliar.

 

Itu adalah beberapa nama dari pemain papan atas yang dibeli Barcelona. Lalu, bagaimana dengan Madrid? Sejauh ini, Los Blancos hanya membeli tiga pemain mahal, yakni James Rodriguez (EURO 80 juta atau Rp 1,17 triliun), Matteo Kovacic (EURO 35 juta atau Rp 516 miliar) dan Danilo (EURO 32 juta atau Rp 471 miliar).

Pada musim ini, Real Madrid bahkan mengejutkan semua orang karena hanya membeli satu pemain saja, yaitu Alvaro Morata. Pemain berusia 23 tahun itu diboyong kembali ke Santiago Bernabeu setelah sebelumnya bermain selama dua musim untuk Juventus. Dan keputusan Madrid untuk tidak membeli lebih banyak pemain mahal sebenarnya dipengaruhi oleh kehadiran manajer baru mereka, Zinedine Zidane.

Legenda asal Prancis itu mengaku sudah cukup puas dengan timnya saat ini. Apalagi pada musim lalu, Los Blancos berhasil merebut mahkota Liga Champions. Melihat itu, Zidane berpendapat bahwa timnya sudah mampu menyaingi Barcelona, meski mereka tak membeli banyak pemain mahal.

Info Bola Liga Spanyol
[Image source espncdn.com]
Dalam sebuah konferensi pers beberapa saat lalu, direktur Barca, Albert Soler, mencoba menjelaskan kenapa belanja pemain klub tersebut bisa sebegitu besar. Soler mengatakan bahwa klubnya membutuhkan lebih banyak pemain muda. Dan dengan membeli pemain muda berkualitas, itu akan dapat memberikan hasil positif di lapangan.

Pada saat yang sama, Barca sebetulnya juga telah melepas beberapa pemain hebat mereka seperti Dani Alves dan Adriano. Mereka berdua masing-masing pindah ke Juventus dan Besiktas. Sandro Ramirez dan Martin Montoya juga meninggalkan Barca bersama dengan seorang gelandang asal Kamerun, Alex Song, dan bintang muda Kroasia, Alen Halilovic. Sementara lainnya berangkat ke klub lain dengan status pinjaman.

Soler juga mengaku Barca masih tidak ada apa-apanya, jika dibandingkan dengan klub-klub raksasa dari Liga Premier Inggris. Dia juga menyebut bahwa klub sepakbola Inggris bahkan telah menghabiskan lebih dari GBP 1 miliar atau sekitar Rp 17, 5 triliun di bursa transfer. Soler juga mengatakan bahwa Barca tidak mungkin mengeluarkan dana senilai EURO 120 juta atau Rp 1,76 triliun hanya untuk satu pemain saja. Dalam hal ini, Soler mengacu pada Manchester United yang berani mengeluarkan dana sebesar itu