Info Bola Liga Spanyol : Iniesta Pernah Katakan Bahwa La Masia Barca adalah Neraka

Andres Iniesta adalah jebolan sekolah akademi Barcelona, La Masia, yang menurutnya adalah neraka di bumi kala itu.

0
Bolahero.com - Info bola liga spanyol
[Image source thedailystar.net]

Bolahero.comInfo bola Liga Spanyol kali ini mengulas tentang hari terburuk dalam hidup Andres Iniesta adalah ketika menjalani pendidikan di akademi Barcelona, La Masia. Namun, di situlah dirinya ditempa untuk menjadi salah satu maestro sepakbola dunia saat ini.

La Masia merupakan salah satu akademi terbaik di dunia. Banyak sekali talenta–talenta muda berhasil dicetak oleh akademi resmi Barcelona ini. Siapa yang tak kenal Lionel Messi, Gerrad Pique, Xavi, Cesc Fabregas dan masih banyak lagi. Bahkan mantan pelatih Barca, Josep ‘Pep’ Guardiola juga berasal dari La Masia.

Para pemain muda ini dicari di seluruh Spanyol bahkan dunia, mereka diseleksi dan dipilih yang terbaik untuk kemudian dimasukkan dalam kamp pelatihan untuk menerima semua materi yang diberikan para pelatih. Mereka dididik dan dipersiapkan untuk menjadi pemain terbaik yang siap dikirimkan untuk menjadi pilar utama tim Barcelona, meski ada beberapa pemain yang sedikit tak berjodoh dengan Barca sehingga akhirnya membela tim lain.

Namun, siapa sangka, Iniesta yang kini berusia 32 tahun yang menjadi salah satu lulusan terbaik mengaku hari–hari yang dijalaninya di La Masia sangat buruk. Bahkan Iniesta pernah mengatakan bahwa La Masia seperti ibaratnya sebuah neraka di bumi.

Info bola liga spanyol
[Image source youtube.com]
Apa yang dirasakan oleh Iniesta sebenarnya bukan tanpa alasan. Karena sejak kecil atau tepatnya di usia 12 tahun, ketika dirinya masuk ke La Masia, Iniesta harus meninggalkan keluarganya. Dirinya merasa seperti seseorang yang ditinggalkan, seolah – olah dirinya ditarik oleh sesuatu hal dari dalam.

Namun segala perjuangan keras tidak pernah berbohong dan meninggalkan sesuatu tanpa hasil sempurna. Kini Iniesta yang dulunya hanya seperti anak culun akhirnya menjelma sebagai salah satu gelandang terbaik dunia.

Andres Iniesta datang dari Fuentealbilla, kota kecil di provinsi Albacete, Castile-La Mancha. Ketika itu, Iniesta kecil bermain untuk Albacete Balompie dalam sebuah turnamen untuk anak usia muda. Bakatnya pun tercium pemandu bakat dari seluruh Spanyol yang menghadiri turnamen tersebut.

Berkat orang tuanya, yang memiliki kenalan pelatih tim muda Barcelona, Enrique Orizaola, Iniesta pun akhirnya dikirim ke La Masia untuk menempuh pendidikan sepakbolanya. Meski sering menangis karena berpisah dengan orang tua dan keluarganya, namun Iniesta menjelma sebagai gelandang muda yang berbakat dan sering menjadi penentu pertandingan.

 

Bahkan, Pep Guardiola sempat mengatakan kepada Xavi Hernandez kompatriot Iniesta di lini tengah Barca talenta yang dimiliki oleh Iniesta bisa membuat mereka pensiun dari sepakbola.
Kini di usianya yang ke 32, Iniesta masih menjadi pilihan utama di lini tengah Barcelona.

Kehadirannya membawa keseimbangan antara lini pertahanan dan lini serang. Meskipun berganti pelatih, Iniesta tetap tak tergantikan. Apalagi Iniesta juga mesih belum memikirkan untuk gantung sepatu dari lapangan hijau, baik bersama Barcelona maupun bersama timnas Spanyol. Iniesta masih ingin menari–nari di atas lapangan masih ingin menunjukkan kemampuan terbaik yang dimilikinya.

Iniesta memiliki duet sehati di Barca, Xavi Hernandez. Dalam sebuah wawancara “The Beauty of Art,” Iniesta pernah mengatakan, tanpa melihat dirinya bisa mengetahui dimana Xavi bergerak, ke mana dirinya harus memberikan umpan kepada Xavi. Begitu juga sebaliknya, Xavi bisa mengetahui pergerakan dan juga keinginan Iniesta dalam sebuah pertandingan.