Imbangi Swiss, Prancis Juara Grup A
Prancis 0-0 Swiss Grup A Piala Eropa 2016

Bolahero.com – Prancis juara Grup A Piala Eropa 2016 usai mengakhiri laga ketiga di babak penyisihan grup dengan meraih hasil imbang kontra Swiss. Menghadapi Swiss di Stade Pierre Mauroy, Lille, pada Senin (20/06/16) dini hari WIB, anak asuh Didier Deschamps mengakhiri laga dengan skor akhir 0-0 dan dengan tambahan satu angka sudah cukup memantapkan posisi Les Blues di peringkat pertama klasemen Grup A dengan nilai tujuh.

Sementara itu Swiss sendiri juga berhasil melaju ke babak knock out karena mereka finis di posisi kedua dengan nilai lima. Yang menarik adalah bagaimana Swiss mampu merepotkan Paul Pogba dan kawan-kawan dengan mencatatkan penguasaan bola yang mencapai 58 persen berbanding 42 persen. Meski begitu Prancis tampil lebih efektif dengan menghasilkan 14 tembakan percobaan dan empat di antaranya tepat sasaran.

Sebaliknya Swiss hanya mampu menghasilkan enam percobaan dan tidak ada satu pun yang on target. Seperti yang sudah diprediksi pertandingan sudah berjalan dengan ketat sejak menit pertama pertandingan. Di menit ke delapan, Swiss mendapatkan peluang pertama lewat tandukan Breel Embolo setelah terjadi kemelut di kotak penalti Prancis akan tetapi bola berhasil dihalau oleh Pogba di depan garis gawang.

Setelah itu giliran Pogba yang menebar ancaman lewat sepakan kerasnya yang masih bisa diantisipasi oleh penjaga gawang Swiss, Yann Sommer, di menit ke-12. Semenit berselang giliran Kingsley Coman yang memaksa Soomer untuk berjibaku menyelamatkan gawangnya dan di babak pertama ini beberapa peluang yang dimiliki oleh Prancis masih belum berbuah gol. Babak pertama pun berakhir tanpa gol dan berlanjut ke babak kedua.

Memasuki babak kedua tempo pertandingan semakin meningkat.dan Prancis mampu menguasai jalannya laga. Di menit ke-57, Antoine Griezmann mendapatkan peluang tetapi lagi-lagi Soommer masih bisa menjaga gawangnya agar tidak kebobolan. Deschamps lantas memasukkan Dimitri Payet di menit ke-62 untuk menggantikan Coman guna menambah daya gedor timnya. Tetapi masuknya punggawa West Ham United tersebut masih belum bisa membantu Prancis menjebol gawang Swiss dan laga ini berakhir tanpa gol.