pep guardiola
Guardiola Sebut Bundesliga Musim Ini Berjalan ‘Normal’

Bolahero.com – Upaya Bayern Munich untuk meraih trofi Liga Jerman musim ini nyatanya lebih sulit ketimbang tiga musim sebelumnya. Menurut Pep Guardiola, hal ini terjadi karena kompetisi musim ini berjalan dengan ‘normal’.

Selama tiga musim berturut-turut, Bayern menjadi penguasa di Liga Jerman, yakni mulai dari musim 2012/13 hingga 2014/15. Bahkan selama tiga periode itu, Die Roten tak pernah menunggu sampai penghujung musim untuk mengunci gelar juara.

Pada musim 2012/13, Jupp Heynckes memastikan gelar juara Bayern saat liga masih menyisakan enam pekan. Tim berjuluk ‘The Hollywood’ tak terkejar lagi pada 6 April 2013. Musim berikutnya, Heynckes digantikan oleh Guardiola. Die Roten berhasil mengunci titel juara saat liga baru berlangsung selama 27 pekan. Tepatnya 25 Maret 2014, Bayern memecahkan rekor sebagai juara tercepat di Liga Jerman.

Musim lalu pun kejayaan Bayern masih terus berlanjut. Mendominasi jalannya Liga, tepat pada 26 April atau setelah pekan ke-30, Thomas Muller dan kawan-kawan berhasil memastikan diri sebagai juara liga.

Musim ini Bayern juga masih berambisi untuk mempertahankan gelar juara mereka. Kendati demikian, sepertinya Die Roten tidak bisa secepat tiga musim sebelumnya untuk mengunci posisi puncak. Hingga 28 pekan berlalu, mereka memang masih berada di puncak klasemen, tapi hanya jarak 5 poin dari Borussia Dortmund di posisi ke-2.

Jika dua tim teratas Liga Jerman itu sama-sama menang di sisa pertandingan, maka kemungkinan Bayern akan meraih juara di pekan ke-33 atau pekan awal bulan Mei nanti. Mengenai hal tersebut, Guardiola sebenarnya menginginkan Bayern sudah jadi juara saat ini.

“Saya menginginkan kami sudah juara, jadi saya bisa fokus untuk Liga Champions dan DFB-Pokal. Tapi apa yang terjadi saat ini adalah hal yang normal,” kata Guardiola dikutip dari Sky Sports.

“Apa yang terjadi selama tiga musim lalu itu tidaklah normal. Kami empat kali menang dan sekali seri di enam laga terakhir,” imbuhnya.

Akhir pekan ini Bayern akan bertandang ke markas VfB Stuttgart. Sementara rival mereka, Die Borussen bakal melakoni laga derby kontra Schalke 04.