Fakta Sepakbola Dunia: 5 Fakta Sepakbola Olimpiade Rio 2016
Fakta Sepakbola Dunia: 5 Fakta Sepakbola Olimpiade Rio 2016

Bolahero.comFakta sepakbola dunia, Timnas Brasil sukses membawa negaranya meraih emas dalam ajang Olimpiade Rio 2016 cabang sepakbola putra. Brasil dipastikan menjadi juara setelah berhasil menaklukkan Jerman pada partai final di Stadion Estadio Maracana pada Minggu, 21 Agustus 2016.

Meski tampil tak terlalu apik pada babak kualifikasi. Brasil mampu menunjukkan tajinya kembali saat pertandingan partai puncak grup melawan Denmark.

Kemenangan telak tuan rumah Olimpiade tersebut akhirnya membawa mereka ke babak-babak selanjutnya. Kala itu Brasil membuat Denmark bertekuk lutut dengan skor 4-0.

Brasil pun melangkah ke babak perempat final dan bertemu teman Amerika latinnya, Kolombia dan berhasil menang dengn skor 2-0.

Lanjut ke babak semifinal, Brasil pun makin menggila, mereka mampu meraih kemenangan telak lagi atas Honduras dengan skor 6-0.

Baru pada partai final, Brasil mendapat perlawanan sengit dari Jerman. Adu penalti pun dilakukan, salah satu pemain Jerman gagal dalam adu tos tosan ini dan Neymar menjadi pemain pamungkas yang membawa Brasil menjuarai olimpiade kali ini.

Lalu apa sajakah fakta menarik mengenai cabang sepakbola putra Olimpiade Rio 2016. Simak ulasan Fakta Sepakbola Dunia: 5 Fakta Sepakbola Olimpiade Rio 2016 berikut ini:

1. Emas Pertama

Emas Pertama
Emas Pertama Brasil di cabang sepakbola putra pada Olimpiade

Emas yang diraih oleh Brasil pada cabang sepakbola putra merupakan emas pertama dalam sejarah yang diraih oleh timnas Brasil. Sebelumnya Brasil hanya mampu meraih tiga perak dan satu perunggu.

2. Top Skorer

Top Skorer
Serge Gnabry

Top skorer pada cabang sepakbola putra Olimpiade Rio 2016 yakni pemain Jerman bernama Serge Gnabry.

3. Jumlah Gol

Jumlah Gol
Jumlah Gol

Dari babak kualifikasi grup sampai partai final tercatat ada sebanyak 104 gol yang tercipta dengan rata-rata 3,25 gol per laganya.

4. Perunggu Nigeria

Perunggu Nigeria
Perunggu Nigeria

Meski tampil menjadi juara grup namun sayang Nigeria tak mampu melaju sampai ke partai final. Nigeria menjadi juara ketiga dan meraih perunggu. Perunggu yang didapatkan Nigeria dari cabang sepakbola putra adalah medali pertama mereka di ajang Olimpiade Rio 2016. Fakta sepakbola dunia

5. Emas Keenam Brasil

Emas Pertama
Emas Pertama Brasil di cabang sepakbola putra pada Olimpiade

Perolehan emas pada cabang sepakbola putra adalah emas keenam yang diraih Brasil dalam ajang Olimpiade Rio 2016. Setelah sebelumnya Brasil menjuarai cabang judo putri kelas 57 kg, lompat galah putra, tinju putra kelas 60 kg, layar putri 49er, dan voli pantai putra. Fakta sepakbola dunia