Fakta Menarik Yang Dimiliki Stadion Old Trafford
Tidak banyak yang tahu bila Old Trafford pernah diambil alih oleh militer saat terjadi perang dunia

Bolahero.com – Untuk kalian penggemar Manchester United tentu penasaran ingin mengetahui apa saja fakta menarik yang dimiliki Stadion Old Trafford yang menjadi stadion kebanggan The Red Devils ini. Stadion yang satu ini memang menjadi salah satu ikon dari Kota Manchester. Stadion Old Trafford mempunyai kapasitas kursi sebanyak 75.654 buah yang membuatnya menjadi stadion dengan kapasitas terbesar kesebelas di Eropa. Stadion ini juga memiliki julukan ‘The Theatre of Dreams’ dan julukan tersebut diberikan oleh salah satu legenda United, Sir Bobby Charlton. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak rangkuman dari fakta menarik yang dimiliki Stadion Old Trafford ini mulai dari biaya awal pembangunan stadion sampai keberadaan terowongan Munich Tunnels yang dibuat khusus oleh pihak klub.

  1. Menelan Biaya 60.000 Poundsterling

Stadion ini pertama kali dibangun pada tahun 1909 silam dengan menelan biaya pembangunan sebesar 60.000 poundsterling. Stadion ini dirancang oleh desainer ternama bernama Ardhibald Leitch yang berasal dari Skotlandia. Selain merancang Stadion Old Trafford, sang desainer juga turut merancang beberapa stadion lainnya mulai dari Stadion Hamden Park, White Hart Lane dan Ibrox Stadium. Pada rancangan aslinya stadion ini hanya mampu memuat 100.000 kursi saja tetapi karena kekurangan biaya akhirnya kapasitas penonton diturunkan menjadi 80.000 kursi.

  1. Sempat Hancur Oleh Bom

Pada tahun 1940 lalu pada masa perang dunia, stadion ini sempat hancur oleh bom yang dilakukan oleh tentara Jerman dalam sebuah serangan yang diberi nama Manchester Blitz. Old Trafford juga sempat diambil alih oleh militer untuk dipakai sebagai depot meski begitu stadion ini tetap digunakan untuk bertanding sepakbola. Serangan bom pertama terjadi pada 22 Desember 1940 dan serangan bom kedua terjadi pada 11 Maret 1941.

  1. Munich Tunnel

Jika berkunjung ke dalam stadion Old Trafford akan ada terowongan yang diberi nama Munich Tunnel yang dibangun secara khusus untuk mengenang tragedi Munich yang terjadi pada tahun 1958 lalu di mana pesawat yang membawa para anggota tim Manchester United mengalami kecelakaan yang menewaskan sebanyak 23 orang dan delapan di antaranya merupakan punggawa Setan Merah.