spanyol vs italia
Fakta-fakta di Balik Tumbangnya Spanyol dari Italia

Bolahero.com – Laga Spanyol vs Italia berjalan sedikit di luar dugaan. Italia-nya Antonio Conte mengamankan satu tempat di fase perempat final Piala Eropa 2016, sesudah menyingkirkan tim juara bertahan, Spanyol, dengan skor 2-0 pada laga yang dihelat di Stade de Francem Senin (27/6).

Pesta kemenangan Italia diawali oleh gol pemain belakang mereka, Giorgio Chiellini pada menit ke-33. Jelang bubaran, tepatnya pada menit ke-90+1, Graziano Pelle memastikan kemenangan Italia dengan satu gol tambahan.

Bagi Spanyol, kekalahan di laga Spanyol vs Italia ini menjadi perusak trend positif mereka di ajang Piala Eropa. Tim besutan Vicente del Bosque itu tidak berhasil menjaga gelar juara Eropa yang sebelumnya mereka rengkuh dua kali berturut-turut, yakni pada 2008 serta 2012.

Berikut ini beberapa fakta unik di balik tumbangnya Spanyol dari Italia:

  1. Italia menyudahi catatan tak pernah menang dalam lima laga paling akhir menghadapi Spanyol, dengan rincian tiga kali kalah dan dua kali imbang.
  2. Di ajang resmi, kemenangan ini jadi yang pertama bagi Italia atas Spanyol sejak tahun 1994 silam.
  3. Spanyol telah menelan empat kekalahan dari tujuh laga terakhir pada ajang resmi. Walau sebenarnya, Spanyol pernah mencatatkan 12 laga tanpa terkalahkan.
  4. Takluk dengan selisih dua gol atau lebih ini adalah yang pertama dirasakan oleh Spanyol mulai sejak menyerah 0-2 dari Jerman pada 1988 silam.
  5. Tiga dari lima gol yang diciptakan Italia pada Piala Eropa 2016 terwujud di atas menit ke-88, termasuk dua gol Graziano Pelle di masa injury time.
  6. Gol yang dibuat Giorgio Chiellini di laga Spanyol vs Italia adalah gol yang pertama ke gawang La Furia Roja di fase knock out sebuah ajang besar sejak tahun 2006.
  7. Alih-alih menjadi pemain belakang, Giorgio Chiellini ternyata adalah pencetak gol paling banyak ketiga Gli Azzuri sejak ditangani oleh Antonio Conte (3). Di atas Chiellini ada nama Antonio Candreva (4) serta Graziano Pelle (7).
  8. Sergio Ramos resmi melakoni laga ke-28 pada ajang kompetitif bagi La Furia Roja. Cuma Iker Casillas yang mencatatkan jumlah lebih banyak daripada Ramos, dengan 31 laga.