Eduard Tjong Ditunjuk Jadi Pelatih Timnas U-19
PSSI telah resmi menunjuk Eduard Tjong untuk membesut Timnas U-19 dengan status sebagai pelatih interim

Bolahero.com – Setelah penantian yang cukup panjang akhirnya PSSI mempercayakan posisi pelatih timnas U-19 kepada Eduard Tjong. Selain itu rupaya ada alasan khusus dari PSSI dibalik penunjukan mantan pelatih PS TNI tersebut untuk membesut ‘Garuda Muda’ dan pengumuman soal penunjukkan pelatih yang akrab disapa Edu ini disampaikan secara langsung oleh Sekjen PSSI, Azwan Karim, di hadapan para awak media.

Edu dipilih untuk melatih timnas U-19 berdasarkan hasil dari rapat Komite Eksekutif yang digelar pada hari Jumat, (15/7) kemarin. Berdasarkan hasil akhir dari rapat tersebut pihak PSSI resmi menunjuk Edu untuk melatih timnas U-19 dengan status sebagai pelatih interim. Tugas utama Edu tidak lain adalah sebatas untuk memimpin timnas U-19 yang akan tampil di ajang Piala AFF U-19 yang akan dilangsungkan pada September 2016 mendatang di Vietnam.

“Saat ini kami ingin memperkenalkan pelatih timnas U-19 interim yang akan melatih timnas U-19 di ajang Piala AFF U-19 pada bulan September nanti. Yang paling penting adalah kami akan memberikan dukungan penuh kepada pemain maupun pelatih,” ungkap Azwan dalam sambutannya kepada sejumlah awak media.

Azwan Karim juga turut membeberkan alasan mengapa dari pihak PSSI memilih Eduard Tjong sebagai pelatih timnas U-19 meskipun sebelumnya sempat beredar beberapa nama calon pelatih yang diproyeksikan untuk menukangi timnas U-19. “Coach Edu dipilih karena latar belakangnya yang cukup baik khususnya di usia muda. Dia memiliki akademi sepakbola usia muda di Solo selain itu dia juga merupakan mantan pemain tim nasional, keluarga dari sepakbola. Intinya adalah dia adalah sosok yang total di sepakbola,” papar Azwan yang juga menegaskan bila dari pihak PSSI tidak mempermasalahkan kegagalan Edu kala menukangi PS TNI.

“Saya rasa ada banyak faktor yang membuat tim bisa kalah (saat melatih PS TNI). Apalagi dalam sepakbola, dengan skuat yang mewah saja masih bisa mengalami kekalahan. Jadi hal itu sama sekali tidak bisa dijadikan sebagai alasan,”  papar Azwan.

Selain pernah menjabat sebagai pelatih PS TNI, coach Eduard Tjong juga tercatat pernah melatih beberapa klub lainnya mulai dari Persela Lamongan hingga Persiram Raja Ampat.