Dereten ‘Pengkhianat’ Jelang El Clasico Persib vs Persija

Di arena sepakbola, pemain bola sering diletakkan menjadi tokoh antagonis untuk ex suporternya. Seringkali mereka dihujat dan dicap dengan status pengkhianat, seperti pada laga Persib vs Persija.

0
Robertino Pugliara menjadi pengkhianat Persib vs Persija
Robertino Pugliara menjadi pengkhianat Persib vs Persija

Bolahero.com – El Clasico Persib vs Persija – Persib Bandung kembali akan melakoni laga El Clasico melawan musuh sang bebuyutan Persija Jakarta di stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (16/6). Laga ini jadi edisi pertama El Clasico (versi Indonesia) yang akan tersaji di ajang Torabika Soccer Championship 2016.

Laga El Clasico Persib vs Persija ini begitu ditunggu-tunggu banyak pecinta sepak bola tanah air dan diprediksi akan berjalan memanas. Banyak aspek yang memanaskan persaingan ke dua tim warisan jaman perserikatan itu. Dari mulai rekor saling menaklukkan, rivalitas kedua kelompok supporter, sampai gengsi antar daerah serta ibu kota Provinsi. Serta yang tidak kalah menarik, sudah pasti kiprah deretan pemain ‘pengkhianat’ Persib vs Persija di kedua klub.

Di arena sepakbola, pemain bola sering diletakkan menjadi tokoh antagonis untuk ex suporternya. Seringkali mereka dihujat, bahkan sesaat sesudah mereka masuk ke arena lapangan.

Walau di anggap tabu oleh supporter, untuk pemain profesional hengkang ke tim rival bukanlah suatu hal yang tidak mungkin. Umpamanya saja, Luis Figo yang hengkang dari Barcelona dan merapat ke rival El Clasico-nya Real Madrid di musim 2000/01.

Pada laga El Clasico Persib vs Persija, beberapa nama sempat pula rasakan perubahan dari kawan jadi lawan. Yang paling baru yaitu Robertino Pugliara. Nama pemain asal Argentina ini bisa disebutkan melambung sesudah bermain untuk Persija sepanjang dua musim pada 2007/09 serta 2011/13.

Tetapi waktu Persija menyambangi markas Persib pada akhir minggu ini, Robertino akan ada di pihak lawan. Dia mengenakan seragam Maung Bandung sesudah meninggalkan Persipura di awal musim.

Tidak hanya Robertino, kapten Persib, Atep juga termasuk pemain dengan status pengkhianat di mata supporter Persija, The Jakmania. Sebab saat sebelum berkostum Persib, Atep pernah berkiprah membela Persija di musim 2004/05 sampai 2008/09.

Status yang sama saja menempel pada Maman Abdurrahman. Pemain bertahan Persija ini sempat juga berkostum Persib di musim 2008/09 sampai 2013/14. Bahkan juga pernah menyandang kapten Maung Bandung. Kemudian dia memilih hijrah dan memilih merapat ke tim ibukota awal musim kemarin. Tetapi akhir minggu kelak akan jadi pertemuan perdana Maman menyandang status pemain Persija dengan para fans Bobotoh Persib.

Demikian ulasan mengenai El Clasico Persib vs Persija.