Keputusan Del Bosque untuk mundur sebagai pelatih timnas Spanyol sudah bulat

Bolahero.com – Kabar yang cukup mengejutkan datang setelah Vicente del Bosque mundur sebagai pelatih Spanyol usai timnya disingkirkan oleh Italia di babak 16 besar Piala Eropa 2016. Keputusan yang diambil oleh Del Bosque untuk melepaskan jabatannya ini memang terbilang cukup mendadak dan banyak yang menilai keputusan tersebut diambil karena dirinya merasa sebagai sosok yang paling bertanggung jawab di balik kegagalan yang dialami oleh La Furia Roja ini.

Secara mengejutkan Spanyol takluk dua gol tanpa balas saat menghadapi Italia di babak 16 besar lalu dan kegagalan ini memang menyakitkan mengingat mereka berstatus sebagai juara bertahan. Del Bosque sendiri tidak langsung memutuskan untuk mundur karena sempat beredar kabar pula jika ia ingin terus bertahan namun teka-teki masa depannya telah terjawab. Belum lama ini kabar bila Del Bosque mundur sebagai pelatih Spanyol telah menyeruak dan kabar tersebut juga dibenarkan olehnya.

“Tanpa adanya keraguan, saya ingin mengatakan bila saya tidak memiliki ketertarikan untuk melanjutkan jabatan saya sebagai pelatih timnas Spanyol. Ini sudah kami diskusikan sejak beberapa lama dan ini juga sudah menjadi keputusan akhir saya,” ungkap Del Bosque seperti dikutip oleh Radioagaceta dan dilansir oleh Football Espana.

“Kontrak saya bersama dengan federasi akan berakhir hingga 31 Juli dan saya tidak berniat untuk melanjutkan posisi saya sebagai pelatih tetapi ada kalanya bagi kita untuk bisa bersikap dengan bijaksana,” imbuhnya. “Saya sendiri mengambil keputusan ini dengan bijaksana karena kami berada dalam bisnis (sepakbola) sehingga kami harus menunjukkan respek dan keputusan sudah diambil.”

“Sulit sekali untuk meninggalkan timnas. Saya merasa senang atas apa yang sudah saya kerjakan dan tidak ada seorang pun yang bisa menuduh saya telah mengabaikan tugas sebagai seorang pelatih. Akan ada suatu fase yang sangat sulit yaitu pada kualifikasi Piala Dunia di bulan September dan itu tetap harus dijalankan oleh kami,” tandasnya.

Pada akhirnya Del Bosque mundur sebagai pelatih Spanyol setelah dirinya mulai menduduki posisi ini pada tahun 2008 silam menggantikan posisi Luis Aragonez. Berkat tangan dinginnya pulalah Iker Casilas dan kawan-kawan sukses menjuarai Piala Dunia 2010 sekaligus mempertahankan gelar juara Piala Eropa dua tahun berselang.