Del Bosque Dambakan Guardiola Pelatih Masa Depan Timnas Spanyol

Del Bosque inginkan di masa mendatang Guardiola menjadi arsitek timnas Spanyol

0
Del Bosque punya harapan besar agar Pep dapat menjadi pelatih timnas Spanyol di masa mendatang
Del Bosque punya harapan besar agar Pep dapat menjadi pelatih timnas Spanyol di masa mendatang

Bolahero.com – Eks pelatih Tim Nasional Spanyol, Vicente del Bosque, menginginkan sosok Pep Guardiola untuk menjadi suksesornya di masa yang akan datang, kendati pun Pep berasal dari Catalan.

Del Bosque mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih La Furia Roja setelah hanya mampu membawa Spanyol menapaki babak 16 besar Piala Eropa. Langkah mereka harus berhenti di tangan Italia dengan skor 2-0.

Pria yang berusia 65 tahun ini sepenuhnya menyadari bahwa Pep tidak akan bisa langsung menjadi suksesornya. Dikarenakan kini dia telah mengikat kontrak untuk membesut klub Premier League, Manchester City.

Walaupun begitu, Pep adalah sosok yang didambakan Del Bosque untuk menjadi pelatih Timnas Spanyol di masa depan, karena apa yang diraih Pep selama menjadi pelatih, diyakini akan mampu membawa Spanyol kembali berjaya.

“Guardiola adalah pelatih terbaik di saat ini, tidak ada keraguan tentang hal itu. Dia mendapat pendidikan yang baik. Di masa lalu. Kami mendatangkan pelatih dari luar negeri. Sekarang pelatih kami adalah orang-orang yang berkarier di luar negeri. Kami bangga untuk orang seperti Guardiola. Kami tak pernah membayangkan ini beberapa tahun yang lalu,” kata Del Bosque kepada Soccerway.

Del Bosque punya pandangan lain jika nantinya Guardiola benar-benar menjadi pelatih Timnas Spanyol. Dia yakin ketegangan antara publik Spanyol dan Catalan bisa menjadi hal yang dapat dilebur menjadi suatu kesatuan lewat sepakbola.

“Saya tidak melihat alasan mengapa Guardiola tidak bisa melatih Spanyol. Tentu saja, dia seorang Catalan, tetapi apakah itu bukan tugas kami untuk menyatukan orang-orang? Ini akan menjadi momen besar jika sepakbola bisa membantu membawa Catalan lebih dekat lagi,” ujarnya.

“Dia mungkin tidak akan mendapat banyak uang kalau menjadi pelatih Spanyol seperti apa yang didapatnya saat melatih sebuah klub, tapi saya pikir itu jadi hal yang tidak penting untuk orang yang telah memiliki banyak uang sepertinya,” ucap Del Bosque.