Daftar Bola : 5 Pemain yang Pernah Gabung Manchester United dan Manchester City

Berikut daftar 5 pemain bola yang pernah bergabung dengan Manchester United dan kemudian hengkang dan membela Manchester City.

0
Daftar bola
[Image source bolahero.com]

Bolahero.com – Pertempuran duo Manchester ke-172 kalinya sudah diselenggarakan di Stadion Old Trafford. Manchester United (MU) menjamu Manchester City dalam pertemuan pertama di Liga Inggris musim 2016/17 berakhir dengan kemenangan The Citizen. Tapi tahukah Anda bahwa ada daftar bola 5 pemain yang pernah membela kedua tim tersebut?

Derby Manchester yang berlalu dengan kemenangan Manchester City di kandang Manchester United beberapa hari lalu membuat persaingan tim sekota ini semakin panas. Selain kedua klub kini ditangani oleh manajer yang selalu bentrok, yaitu Josep ‘Pep’ Guardiola dan Jose Mourinho, gengsi dan tensi tinggi selalu hadir ketika 2 tim ini bertemu.

Walaupun dapat dikatakan bersaing untuk menjagi jawara dan pembuktian siapa yang lebih hebat di Manchester, uang dan karir tentu tidak adalah faktor yang tidak mempengaruhi pemain untuk bergabung dan membela tim mana di antara keduanya.

Hal ini terbukti ada 5 pemain yang pernah bergabung dan membela Manchester City dan manchester United di musim yang berbeda. Berikut lima daftar bola yang pernah membela kedua klub seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Andy Cole

Andy Cole selaku salah satu legenda Setan Merah pernah membela tim tersebut pada tahun 1995 hingga 2001. Di Old Trafford, Cole pernah meyumbang 10 gelar, termasuk gelar treble winner pada musim 1998/99/. Total sumbangan yang ditorehkan Cole sebanyak 121 gol dari 275 laga bersama MU.

Daftar bola
[Image source bolahero.com]
Setelah membela Blackburn Rovers dan Fulham, Cole berlabuh ke Manchester City pada musim 2005/06. Di sana ia menyumbang 10 gol dari 23 laga di semua kompetisi dalam satu musim.

2. Owen Hargreaves

Owen Hargreaves bergabung dengan Setan Merah setelah ia membela Bayern Muenchen pada tahun 2007 dengan nilai transfer sebesar 17 juta pound. MU tertarik merekrutnya setelah melihat penampilan Owen yang sukses menyumbang 10 gelar bagi FC Hollywood.

Daftar bola
[Image source bolahero.com]
Selama bergabung dengan Manchester United, Owen tampil sebanyak 27 laga di Liga Premier Inggris. Sayangnya, dikarenakan sering mengalami cedera, karirnya justru terhambat saat membela The Red Devils.

Sayang, harapan setan merah jauh dari kenyataan. Di Old Trafford ia malah sering terkena cedera dan hanya sukses menyumbang dua gelar. Pada tahun 2011, Owen dilepas dari MU dan akhirnya direkrut oleh klub Manchester City. Di sana ia pensiun sebab cedera tak kunjung sembuh.

 

3. Brian Kidd

Brian Kidd adalah sosok yang menjadi idola suporter Setan Merah pada era tahun 60-70 an. Dia membela klub tersebut mulai tahun 1963 hingga tahun 1974. Di sana dirinya sukses mengoleksi 52 gol dari 203 laga. Brian Kidd sendiri merupakan jebolan asli Akademi Red Devils. Bahkan setelah pensiun sebagai pelatih, dia sempat menjadi asisten Sir Alex Ferguson di tahun 1991-1998.

Daftar bola
[Image source bolahero.com]
Sejarahnya menjadi penggawa Manchester City adalah saat Manchester United terdegradasi pada tahun 1974, Kidd pindah ke Arsenal dan kemudian bergabung ke Manchester City dua tahun kemudian. Tidak hanya itu saja, dari asisten pelatih yang menukangi Setan Merah, Kidd sekarang justru menjadi asisten manajer di Manchester City.

4. Carlos Tevez

Carlos Tevez adalah sosok idola di kubu Manchester United pada tahun 2007-2009. Ia mengoleksi enam gelar dan sukses mencetak 34 gol dari 99 pertandingan. Karakternya yang ngeyel dan selalu ingin mencetak gol membuat dirinya banyak dilirik tim lain, termasuk salah satunya adalah klub rival, Manchester City.

Daftar bola
[Image source bolahero.com]
Namun, ketika namanya dielu-elukan sebagai idola di kubu Setan Merah, secara mendadak, Tevez membuat keputusan kontroversial dengan mengakhiri kontrak dengan United dan kemudian pindah untuk membela Manchester City pada akhir musim 2008/2009. Bersama City, Tevez pernah mendapat gelar juara Premier League musim 2011/2012

Namun pada tahun 2009, Tevez tiba-tiba pindah ke Manchester City. Dia menjadi pemain pertama yang pindah dari MU ke City tanpa ke klub lain sejak tahun 2009. Bersama City ia sukses menyumbang tiga gelar dan sukses mencetak 73 gol dari 148 laga.

5. Peter Schmeichel

Peter Schmeichel merupakan penjaga gawang yang ikut menyumbangkan gelar treble winner untuk Manchester United pada tahun 1999. Penampilannya yang garang dan intimidatif dapat membuat penyerang lawan grogi untuk berhadap langsung dengannya. Schmeichel pun dapat dikatakan sebagai salah satu legenda Manchester United. Dia membela Setan Merah mulai tahun 1991 sampai 1999.

Daftar bola
[Image source bolahero.com]
Kiper berkebasaan Denmark ini sukses menorehkan 15 gelar selama di Old Trafford. Bahkan saat ini dia masih menjadi duta bagi MU ke seluruh dunia. Menariknya, Schmeichel malah memilih pensiun di Manchester City. Ia membela tim tersebut pada tahun 2002 hingga 2003 meski tak menyumbang gelar apa pun di sana.