Daftar Bola : Mengintip Para Konglomerat Asia Pemilik Klub Bola Inggris

Para pengusaha dan konglomerat asal Asia ini berhasil mengubah nasib beberapa klub sepakbola Inggris.

0
Daftar Bola

Bolahero.com – Komposisi daftar bola pemain dalam sebuah tim tentu merupakan penentu pertama bagus tidaknya tim tersebut. Hal ini juga sangat dipengaruhi oleh pelatih dan manajerial yang menaungi sebuah tim. Dukungan penonton juga menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah tim. Tapi tak cuma itu saja, peran para pemilik klub sepakbola juga tak boleh dilupakan.

Pemiliki sepakbola memiliki peran penting dalam hal pendanaan dan pembelanjaan pemain yang tentu saja pengaruhnya cukup signifikan. Tak cuma itu saja, kadangkala ada juga beberapa keputusan penting yang harus disetujui oleh para pemiliki klub sepakbola.

Uniknya, sebagian besar pemilik klub sepakbola di Inggris ternyata malah berasal dari kawasan Asia. Ya, para pengusaha dan konglomerat dari kawasan Asia beramai-ramai menanamkan sahamnya di berbagai klub raksasa Inggris.

Berikut ini daftar bola pemilik klub raksasa di Liga Inggris:

1. Vichai Srivaddhanaprabha

Daftar Bola
[Image Source i4.mirror.co.uk]
Leicester City mungkin bukan tim pertama yang muncul di benak para pecinta sepakbola. Tapi tim kecil ini ternyata tumbuh menjadi raksasa di musim 2010/2011 dan berhasil memuncaki klasemen. Kebangkitan The Foxes ternyata tak lepas dari peran penting sang pemilik baru pada saat itu, Vichai Srivaddhanaprabha. Vichai merupakan konglomerat yang juga merupakan orang terkaya nomor 9 di Thailand. Ia membeli seluruh saham Leicester City dari pengusaha asal Indonesia, Iman Arif.

2. Tony Fernandes

Daftar Bola
[Image Source i.huffpost.com]
Nama Tony Fernandes tak terlalu asing dalam dunia olahraga. Pengusaha kaya asal Asia ini juga merupakan bos dari maskapai penerbangan AirAsia yang terbang di Asing Tenggara serta Australia. Saat ini Tony Fernandes merupakan pemilik dari Queen Park Rangers yang dibelinya pada tahun 2011 lalu. Sebelum membeli Queen Park Rangers, Tony Fernandes ternyata terlebih dahulu tertarik dengan West Ham United. Sayangnya, harga yang ditawarkan pemilik tim asal London tersebut terlalu tinggi sehingga Tony Fernandes Mundur. Selain mempunyai klub bola, Tony juga menanamkan sahamnya di tim balap F1 bernama Caterham Racing.

 

3. Sheikh Mansour

Daftar Bola
[Image Source a.fssta.com]
Pengusaha asal Abu Dhabi ini termasuk salah satu orang yang sukses mengangkat Manchester City menjadi klub raksasa yang dipenuhi daftar bola terbaik. Sejak membeli Manchester City dari Thaksin Shinawatra pada tahun 2009 lalu, Sheikh Mansour tak segan membelanjakan uangnya untuk membeli para pemain bintang, sebut saja Carlos Tevez. Tak kurang dari 18 triliun dikeluarkan Mansour untuk memperkuat Manchester City. Berkat Mansour pula, Manchester City menjadi klub sepakbola terkaya keenam pada musim 2013/2014 dengan pendapatan 6,8 triliun per musim. Royalnya Mansour bahkan menarik perhatian UEFA sehingga akhirnya Manchester City harus mengerem keinginan untuk berbalanja lebih banyak pemain.

4. Vincent Tan

Daftar Bola
[Image Source richestcelebrities.org]
Pengusaha properti asal Malaysia ini membeli Cardiff City saat tim asal Wales tersebut masih berlaga di Divisi Championship. Investasi Vincent Tan sebesar 3,3 triliun di Cardiff City berhasil membuat tim ini naik kasta ke Premier League. Hal ini merupakan sejarah besar untuk Cardiff City karena terakhir kali mereka masuk Premier League adalah pada tahun 1962. Tak cuma berbelanja pemain, investasi yang dilakukan Vincent Tan juga meliputi pembangunan stadion dan markas baru untuk latihan para pemain Cardiff City.

Di musim depan, tampaknya akan ada lebih banyak lagi konglomerat asal Asia yang ingin menanamkan kekayaannya di klub-klub besar Inggris.