Daftar Bola : 8 Pemain Paling Loyal Sejagat

Loyalitas kedelapan pemain ini tak perlu diragukan lantaran mereka memulai debut dan memutuskan untuk pensiun di tim yang sama.

0
Daftar bola
[Image Source lasueur.com]

Bolahero.com – Berbicara tentang loyalitas, tak banyak daftar bola pemain yang loyal terhadap satu klub dan menghabiskan masa keemasan kariernya hingga pensiun di klub yang sama. Ada banyak faktor yang menyebabkan kurangnya loyalitas pemain, salah satunya karena gaji tinggi yang ditawarkan oleh klub lain atau kesempatan menjadi pemain utama.

Namun masih ada juga beberapa pemain yang terbukti sangat loyal dan bisa bertahan di satu klub yang sama hingga mereka memutuskan untuk gantung sepatu. Berikut daftarnya:

1. Jamie Carragher

Daftar bola
[Image Source thisisanfield.com]

Jamie Carragher merupakan salah satu pemain legendaris Inggris yang memulai debut dan mengakhiri karier sepakbolanya di Liverpool. Lahir di Merseyside pada 28 Januari 1978, Carragher yang berposisi sebagai defender telah melakoni 737 pertandingan bersama The Reds. Pertandingan tersebut ia lakoni sejak memulai debutnya di tahun 1996, hingga ia pensiun di tahun 2013. Loyalitas Carragher ini mencatatkan namanya sebagai pemain yang paling lama merumput bersama Liverpool.

2. Carles Puyol

Daftar bola
[Image Source weloba.com]
Puyol mengawali kariernya di Barcelona pada usia yang cukup muda, yaitu 17 tahun. Bersama Barcelona ia telah merasakan banyak kemenangan termasuk La Liga dan UEFA League. Selama bermain bersama Barcelona, ia pun sempat beradaptasi di beberapa posisi berbeda menyesuaikan komposisi tim yang terus berubah. Meski demikian, Puyol tetap bertahan di Barcelona hingga ia terpaksa gantung sepatu pada awal tahun 2015 lalu lantaran cedera yang ia alami. Setelah memutuskan untuk pensiun pun, Puyol masih tetap menunjukkan loyalitasnya kepada Barcelona dengan menjadi wakil pelatih.

3. Paul Scholes

Daftar bola
[Image Source wallpaperfolder.com]
Setelah menghabiskan waktu selama hampir 2 dekade bersama Manchester United, tentu saja Paul Scholes pantas dijuluki sebagai pemain yang loyal terhadap timnya. Ia memulai kariernya di Manchester United pada usia yang cukup muda dan sempat menjadi sorotan bersamaan dengan pemain-pemain hebat lainnya seperti David Beckham, Nicky Butt, dan juga Ryan Giggs. Scholes menjadi salah satu anak emas dari Sir Alex Ferguson. Bersama tim Setan Merah, Scholes merasakan banyak kemenangan seperti Champions League, FA Cups, dan Premier League.

4. Gary Neville

Daftar bola
[Image Source labeautedefootball.fr]
Daftar bola lain yang juga tergolong loyal dari Manchester United adalah Gary Neville. Memulai debutnya bersama Setan Merah di tahun 1990-an, Neville tak pernah sedikit pun tergoda untuk berpindah ke klub lain. Ia mencatat penampilan menakjubkan selama 602 pertandingan bersama Manchester United dan pernah bermain dengan beberapa legenda seperti Eric Cantona dan Roy Keane.

5. Paolo Maldini

Daftar bola
[Image Source gazettaworld.gazetta.it]
Ikon pemain loyal yang juga tak bisa dilupakan adalah Paolo Maldini. Tampil lebih dari 24 musim bersama AC Milan membuat Maldini jadi pemain paling loyal yang pernah merumput di San Siro. Tak hanya loyal, Maldini juga kerap mendapat gelar pemain terbaik selama 900 penampilannya bersama AC Milan. Bahkan untuk menunjukkan penghormatan kepada Maldini, nomor punggung 3 yang digunakannya selama berlaga turut dipensiunkan bersamaan dengan keputusannya untuk gantung sepatu.

6. Franco Baresi

Daftar bola
[Image Source 4231.vn]

Nama Franci Baresi identik dengan loyalitasnya bersama AC Milan yang membuatnya mendapat gelar sebagai salah satu defender Italia terbaik sepanjang masa. Dengan 719 penampilan bersama AC Milan, Baresi telah merasakan sejumlah piala misalnya saja 3 kali memenangkan Champions League dan menjuarai Liga Seri A sebanyak 6 kali. Baresi juga menjadi pemain kunci dalam kemenangan Italia pada Piala Dunia 1982.

7. Ryan Giggs

Daftar bola
[Image Source newsbreakres.ng]
Pria asal Wales ini bergabung bersama tim Setan Merah pada usia 14 tahun sebagai Ryan Wilson. Awal kariernya di Manchester United bermula dari rekomendasi Sir Alex Ferguson yang menjadi salah satu pengajarnya di Manchester City’s School of Excellence. Ia bahkan melampaui rekor salah seorang legenda Manchester United, Sir Bobby Charlton, dengan 963 pertandingan bersama Setan Merah. Setelah gantung sepatu, Giggs pun memutuskan menjadi bagian dari tim pelatih Machester United.

8. Eric Cantona

Daftar bola
[Image Source playbuzz.com]
Cantona mengejutkan publik dengan mengumumkan keputusannya untuk pensiun dini di tahun 1997, saat ia sebenarnya masih memiliki kontrak dengan Manchester United. Keputusannya tersebut bahkan juga membuat kecewa Sir Alex Ferguson. Meski demikian, loyalitasnya terhadap Red Devil membuat semua orang akhirnya menerima keputusan sang legenda untuk mundur dari lapangan hijau.

Kedelapan nama yang masuk dalam daftar bola paling loyal tersebut umumnya juga menjadi pemain yang paling diidolakan oleh suporter klub masing-masing.