Daftar Bola : 6 Tragedi Tewasnya Pemain Akibat Tersambar Petir

Dalam dunia sepakbola, ternyata ada sejumlah kejadian mengerikan di mana para pemainnya meninggal karena tersambar petir.

0
daftar bola
[Image source wallpapercave.com]

Bolahero.com – Dari banyaknya daftar bola mengenai kematian pemain sepakbola ketika sedang bermain di lapangan adalah dikarenakan benturan fisik atau juga karena penyakit dalam, namun jarang ada yang mengetahui bahwa ada kejadian alam berupa hantaman petir yang membuat pemain bola meregang nyawa.

Secara umum, petir adalah gejala alam yang terjadi saat ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Dikarenakan perbedaan yang cukup besar, maka muatan negatif atau elektron akan dibuang untuk menjaga keseimbangan. Dan proses pembuangan inilah yang memicu pergerakan elektron di udara serta suara besar.

Nah, secara umum, ketika turun ke bumi, petir akan membawa ribuan volt energi listrik yang dapat membuat apa atau siapapun terbakar karena panasnya. Hal tersebut juga terjadi ketika petir menyambar pemain bola di lapangan.

Berikut ini adalah daftar bola terkait pemain sepakbola yang meninggal karena terkena sengatan ribuan volt dari petir saat sedang berada di tengah lapangan.

1. Tony Allden (1967)

daftar bola
[Image Source agroundhoppersdiary.blogspot.com]
Tony Allden adalah seorang pemain dari klub Divisi Satu Inggris, Highgate United F.C. Pada tahun 1967, saat Highgate bermain melawan Enfield di perempat final FA Amateur Cup, hujan sedang turun dengan derasnya. Ketika kedua tim sedang memperebutkan tiket untuk babak selanjutnya, tiba-tiba ada petir besar yang membuat beberapa orang pemain dan wasit terpental. Sayangnya, Tony Adllen yang kebetulan berada persis di episentrum jatuhnya petir tidak dapat menghindar. Dia mengalami luka bakar serius dan tidak sadarkan diri, hingga keesokan harinya ajal menjemput pesepakbola satu itu.

2. Erik Jongbloed (1984)

daftar bola
[Image source afcdws.com]
Erik Jongbloed adalah anak dari Jan Jongbloed, seorang penjaga gawang kawakan dari Timnas Belanda. Saat melakoni laga eksibisi pada tanggal 23 September 1984, Eric yang tergabung dalam Amsterdamsche Football Club Door Wilskracht Sterk (DWS), hujan tak berhenti berguyur. Pada saat pertandingan sedang berjalan, tiba-tiba ada petir yang menyambar tubuh Eric dan membuatnya terkapar di bibir gawang yang dijaganya. Dia meninggal dengan bekas terbakar di tubuhnya karena terkena serangan petir.

3. Bena Tshadi FC (1998)

daftar bola
[Image source themanyfacesofdeath.blogspot.com]
Sebuah kejadian yang cukup tragis dan menyeramkan terjadi di RKasai, Republik Demotratic Congo. Pada saat sebuah klub lokal bernama Bena Tshadi melawan Basanga, ada petir yang menyambar dan menewaskan 11 pemain dari Bena Tshadi. Banyak orang yang mempercayai bahwa petir tersebut merupakan sihir jahat yang sengaja dikirim untuk membunuh para pemain Bena Tshadi karena tidak ada pemain dari Basanga yang meninggal apalagi cedera saat kejadian berlangsung.

 

4. Ivan Krstić (2000)

daftar bola
[Image source gradskiportal018.rs]
Ivan Krstić adalah pemain berusia 19 tahun dari klub sepakbola Serbia bernama Radnički Niš. Pemain yang kerap dipanggil “Beli” ini juga termasuk dalam skuad nasional Yugoslavia U-21. Sayangnya, pada tanggal 20 Mei 2000, saat tim yang dibelanya melakoni suatu pertandingan, Ivan terkena serangan petir secara langsung dan membuatnya meninggal seketika. Untuk mengenang namanya, nomor 10 yang digunakan Ivan akhirnya dipensiunkan dan tidak diperbolehkan dipakai siapapun.

5. Hermán Gaviria Carvajal dan Giovanni Córdoba (2002)

daftar bola
[Image source pinterest.com]
Hermán Gaviria Carvajal dan Giovanni Córdoba adalah pemain bola asal Kolombia yang bergabung dengan Deportivo Cali di J League di divisi 2. Saat mereka sedang melakukan latihan pada tanggal 24 Oktober 2002 lalu, ada petir besar menyambar keduanya. Carvajal tewas seketika, sedangkan Córdoba masih sempat menjalani perawatan selama 3 hari sebelum akhirnya menghembuskan napas terakhirnya di Valle de Lilli Hospital.

6. Stefan Petrovski (2016)

daftar bola
[Image source independent.co.uk]
Stefan Petrovski adalah seorang penjaga gawang muda yang bermain untuk Melaka United, Malaysia. Bermula saat dia dan rekan-rekan setimnya sedang menjalani latihan bersama guna mengikuti Presiden Cup di Malaysia, tiba-tiba ada petir besar menyambar dirinya dan satu rekannya, Muhammad Afiq Azuan. Walaupun sempat sadar dan dibawa ke rumah sakit, akan tetapi nyawa Petrovski tidak tertolong, sedangkan Afiq Azuan masih dapat sadar dan menjalani perawatan intensif.