Daftar Bola : 5 Pelatih Bola yang Tak Mampu Dikalahkan Jose Mourinho

Mourinho selalu kalah ketika berhadapan dengan para pelatih itu. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

0
Daftar bola
[Image source skysports.com]

Bolahero.com – Dalam daftar bola kategori pelatih, Jose Mourinho merupakan salah satu manajer terbaik di dunia. Dia sudah dua kali memenangkan trofi Liga Champions, yakni pada tahun 2004 bersama Porto dan 2010 bersama Inter Milan. Dirinya juga telah memenangkan kompetisi Primeira Liga, La Liga, Seria A dan Liga Premier Inggris.

Beberapa pemain terkenal Eropa juga sudah pernah merasakan dilatih oleh tangan dinginnya, seperti Zlatan Ibrahimovic, Ricardo Kaka, Paul Pogba, Frank Lampard, Didier Drogba, hingga Cristiano Ronaldo.

Namun ternyata, ada lagi lima daftar bola dalam kategori pelatih yang tak kalah hebat dengan Mourinho. Bahkan, Mourinho pun selalu kalah ketika berhadapan dengan para pelatih itu. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Alan Pardew

Alan Pardew adalah salah satu manajer papan atas di Liga Premier Inggris. Meski sudah malang melintang sebagai manajer, Alan Pardew ternyata pernah mengalahkan Mourinho dalam tiga pertemuan mereka.

Pertemuan pertama terjadi pada tahun 2013 silam. Saat itu, Pardew masih menjadi peracik tim Newcastle United dan Mourinho menukangi Chelsea. Pardew mengalahkan Jose Mourinho berkat gol-gol yang dicetak oleh Yohan Gouffran dan Loic Remy.

Daftar bola
[Image source atomicsoda.com]
Pada musim 2014/2015, Mourinho yang masih melatih Chelsea berhasil memegang rekor tidak terkalahkan dalam 14 pertandingan pada Liga Premier Inggris. Akan tetapi Pardew bersama Newcastle berhasil mengalahkan The Blues dan mematahkan rekor itu. Terakhir pada bulan Agustus 2016, Pardew melatih Crystal Palace yang juga sukses membungkam Mourinho dengan skor 2-1.

2. Tony Pulis

Pada musim 2015/2016, Mourinho memiliki kutukan bahwa dirinya akan dikalahkan oleh manajer yang memiliki inisial ‘P.’ Musim lalu, pria yang sekarang menjabat sebagai manajer Manchester United ini dikalahkan oleh Toni Pulis (Crystal Palace), Gustavo Poyet (Sunderland), Alan Pardew (Newcastle United), Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur), Toni Pulis (West Bromwich Albion dan Manuel Pellegrini (Manchester City).

Daftar bola
[Image source news.thefantasyfootball.com]
Khususnya untuk Pulis, dia dan Mourinho sudah bertemu sebanyak empat kali. Mourinho baru mengantongi satu kemenangan, sedangkan Pulis sudah dua kali mengalahkan mantan pelatih Real Madrid tersebut. Satu pertandingan lain berakhir imbang.

Pulis berkecimpung dalam dunia pelatih sejak 1992 di Inggris. Pria berusia 58 tahun tersebut sudah melakoni 994 pertandingan dengan meraih 361 kemenangan, 298 imbang dan 335 kekalahan bersama tim yang dilatihnya.

3. Rafael Benitez

Rafael Benitez dan Jose Mourinho bagaikan air dan minyak yang tidak pernah bersatu. Keduanya lebih sering melakoni perang urat syaraf. Mourinho pernah berkata bahwa Benitez seorang pria yang gendut. Sedangkan Benitez merasa bahwa dirinya selalu bisa menangani klub yang dihancurkan oleh Mourinho.

Daftar bola
[Image source scmp.com]
Keduanya sama-sama pernah melatih Inter Milan, Chelsea dan Real Madrid. Keduanya sudah pernah bertemu sebagai pelatih dan menukangi timnya sebanyak 12 kali. Dari pertemuan-pertemuan tersebut, keduanya berakhir seri yang dalam artian Mourinho mengantongi empat kemenangan, Benitez juga mendapatkan empat kemenangan serta empat pertandingan sisanya berakhir imbang.

Namun yang menjadi menarik adalah Benitez pernah mempersembahkan trofi Eropa saat menukangi Chelsea. Apa yang diraih Benitez itu belum pernah dipersembahkan oleh Mourinho bersama The Blues sejak dia berada di sana.

4. Jurgen Klopp

Jurgen Klopp adalah salah satu pelatih yang sulit dikalahkan Mourinho. Terbukti pada Liga Champions 2012/2013, ketika Mourinho masih menjadi manager Real Madrid, sedangkan Klopp melatih Borussia Dortmund, Cristiano Rolando dkk harus bertekuk lutut di bawah kekuatan para penggawa racikan Klopp.

Daftar bola
[Image source thesun.co.uk]
Mourinho baru dapat mengalahkan Klopp untuk pertama kalinya pada tahun 2012 silam di Stadion Santiago Bernabeu. Saat itu Madrid menang 2-0 atas Dortmund. Sayangnya, Mourinho gagal membawa Madrid ke partai final karena kalah agregat gol.

5. Pep Guardiola

Pep Guardiola merupakan musuh bebuyutan Mourinho, meski sempat menjalin persahabatan saat masih bekerja untuk Barcelona. Persahabatan tersebut sirna Guardiola menjadi Manager Barcelona pada 2008 sampai 2012. Sementara Mourinho melatih Real Madrid sejak 2010 hingga 2013.

Daftar bola
[Image source independent.co.uk]
Mourinho sudah 17 kali menghadapi Guardiola. Dari pertemuan-pertemuan tersebut, Mou baru dapat memenangkan tiga pertandingan melawan Guardiola. Sedangkan Guardiola sudah mendapat delapan kemenangan. Sisanya berakhir seri.

Pertemuan terakhir terjadi di stadion Old Trafford dalam Derby Manchester pada ajang Liga Premier Inggris pekan lalu. Guardiola yang menunggangi Manchester City mengalahkan Mourinho dengan skor 2-1.