Daftar Bola : 8 Pesepakbola Wanita Dengan Skill Dewa

Kemampuan para pesepakbola wanita ini di atas lapangan hijau tidak kalah dengan para pemain bola pria lainnya di dunia.

0
Daftar bola

Bolahero.com – Selama ini sepakbola identik sebagai olahraga dan daftar bola selalu diisi oleh nama pesepakbola pria saja. Tapi ternyata, di berbagai belahan dunia ada kaum Hawa yang juga memiliki bakat dan skil hebat dalam menggocek si kulit bundar.

Mungkin, selama ini wanita hanya diidentikkan dengan permainan atau olahraga yang tidak banyak  menguras tenaga dan bersifat ‘aman’ saja, namun jika Anda melihat pesepakbola-pesepakbola wanita ini, maka pandangan tersebut akan berubah. Para pesepakbola wanita ini bermain dengan teknik mumpuni di klub-klub profesional layaknya para pesepakbola laki-laki.

Berikut ini adalah pesepakbola-pesepakbola wanita dari berbagai negara yang memiliki kemampuan bermain bola hebat.

  1. Marta (Pemain depan, Brazil)

Daftar bola
[Image source fuoriposto.com]
Brazil selama ini dikenal sebagai salah satu negara penghasil para pesepakbola legendaris, sebut saja Pele, Ronaldo dampai dengan Dunga. Namun tak disangka, Brazil juga menjadi tempat kelahiran banyak pesepakbola wanita berskil dewa yang salah satunya adalah Marta Vieira da Silva. Marta bahkan disebut sebagai Pele is skirts alias versi wanita dari Pele. Marta tercatat pernah menyabet gelar FIFA Female World Player of the Year selama 5 kali berturut-turut, pada tahun 2006 hingga 2010.

  1. Mia Hamm (Pemain depan, Amerika Serikat)

Daftar bola
[Image source secretsinsandiego.com]
Pesepakbola pria dari Amerika Serikat mungkin tak terlalu banyak diekspos seperti halnya di Brazil atau Italia, tapi Amerika Serikat memiliki salah satu pemain sepakbola terbaik dunia yang memegang rekor 158 gol sepanjang kariernya bernama Mia Hamm. Dia masuk dalam daftar bola versi Bolahero.com yang juga merupakan pesepakbola wanita kebanggan Amerika Serikat yang memulai debutnya di usia 15 tahun pada 1987. Sepanjang kariernya, Hamm pernah meraih FIFA Women’s World Player of The Year pada tahun 2001 dan 2002.

  1. Birgit Prinz (Penyerang tengah, Jerman)

Daftar bola
[Image source dfb.de]
Di perhelatan Sydney Games tahun 2000, saat tim sepakbola Jerman menang atas Brazil dengan skor 2-1, Birgit Prinz nyaris menorehkan sejarah sebagai pemain sepakbola wanita pertama yang melakukan hat trick dalam cabang sepakbola yang dipertandingkan di olimpiade. Tapi alih-alih menendang bola langsung ke gawang, Prinz justru mengoperkan bola ke rekan setimnya, Meinert, yang gagal menghasilkan gol lantaran tendangannya terlalu melebar. Kecerobohan ini membuat kehebatan Prinz seakan sirna seketika. Walaupun begitu, Prinz pernah meraih Golden Ball dan Silver Ball pada Women’s World Cup 2003 dan 2007.

  1. Sun Wen (Pemain depan, Cina)

Daftar bola
[Image source flickr.com]
Mewakili Asia, Sun Wen menjadi salah satu pesepakbola wanita yang masuk dalam daftar bola terbaik dunia dengan torehan prestasi berupa Golden Ball dan Golden Boot pada Women’s World Cup 1999. Bahkan saat melawan tim sepakbola Amerika Serikat, Sun Wen memperoleh pujian dari pelatih tim lawan berkat tendangan bebasnya sejauh 32 meter. Sayangnya, Sun Wen tidak pernah merasakan manisnya menjadi juara dunia lantaran Cina harus tunduk dari Amerika Serikat pada Olimpiade 1996.

  1. Homare Sawa (Pemain depan, Jepang)

Daftar bola
[Image source stlouis.cbslocal.com]
Daftar bola berikutnya berasal dari Jepang, yakni Homare Sawa yang mencatat rekam jejak gemilang sepanjang 23 tahun kariernya sejak 1995 hingga 2015. Sawa mencuri perhatian dunia berkat debutnya saat melawan Filipina, dengan 4 gol cantik yang membawa kemenangan untuk Jepang. Berkat permainannya yang memukau, Sawa meraih medali perak pada Olimpiade London 2012.

  1. Kelly Smith (Pemain depan, Inggris)

Daftar bola
[Image source independent.co.uk]
Kelly Smith menjadi atlet pertama dalam seluruh bidang olahraga yang berhasil mencatatkan namanya sebagai Big East Offensive Player of the Year sekaligus Newcomer of the Year di musim yang sama. Smith juga menjadi pesepakbola Inggris wanita pertama yang berhasil mencuri perhatian dunia internasional berkat 46 gol dalam 117 caps sepanjang kariernya di tahun 1995 hingga 2015.

  1. Christine Sinclair (Pemain depan, Kanada)

Daftar bola
[Image source japantimes.co.jp]
Christine Sinclair memulai debutnya pada usia 16 tahun dalam Algarve Cup. Sejak pertandingan pertamanya, skill Sinclair telah terlihat melalui keterampilannya menggiring bola ke gawang dan menghasilkan gol yang akurat. Di usia 33 tahun, Sinclair mengikuti Rio Olympics dengan 162 dalam 230 penampilan. Salah satu performa terbaiknya adalah saat melakukan hat-trick di semifinal Olimpiade 2012 saat melawan Amerika Serikat.

  1. Hege Riise (Pemain tengah, Norwegia)

Daftar bola
[Image source aftenposten.no]
Hege Riise merupakan pesepakbola terbaik Norwegia yang membawa negaranya memenangkan Women’s World Cup 1995 dan Olimpiade 2000. Penyerang tengah yang memulai kariernya di klub sepakbola pria pada usia 6 tahun ini memecahkan rekor di Norwegia dengan 58 gol dalam 188 kali pertandingan.