Daftar Bola: 4 Pemain Bola yang Ingkari Jenis Kelaminnya Sendiri

Dari sekian banyak para pemain bola di dunia, baik yang pria ataupun yang wanita, ada pula orang-orang dengan status transgender yang termasuk di dalamnya.

0
Daftar Bola

Bolahero.com – Salah satu daftar bola paling unik di dunia adalah keberadaan para pemain sepakbola yang berstatus transgender. Mungkin akan terdengar aneh bagi kebanyakan orang, namun orang-orang yang berstatus transgender dan dia adalah seorang pemain bola adalah nyata.

Transgender sendiri adalah suatu sebutan bagi seseorang yang mengganti status gender sebelumnya, seperti dari pria ke wanita atau sebaliknya, namun belum melakukan operasi penggantian kelamin.

Dan ternyata, setidaknya ada 4 orang di dunia yang bermain sepakbola namun mereka adalah transgender. Penasaran siapa sajakah mereka tersebut? Berikut daftar bola para lakon lapangan hijau yang transgender.

1. Fatima Maleh

Fatima Maleh adalah pemain sepakbola dari Tim Nasional (Timnas) wanita Tunisia. Dia juga menjadi pemain sepakbola perempuan internasional karena pernah bergabung di sejumlah tim di negara-negara teluk. Namun pada tahun 2013 lalu, dia akhirnya berhasil mendapatkan status sebagai seorang pria sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk resmi yang dikeluarkan oleh kantor pencatatan sipil di Tunisia.

Daftar Bola
[Image source goodteamway.blogspot.com]
Fatima mengatakan bahwa sejak masuk masa puber, dia merasakan hal aneh pada dirinya dan lebih senang melakukan aktivitas pria serta menyukai wanita. Akhirnya dia berusaha untuk mendapatkan status prianya sampai dengan berjuang melalui pengadilan dan dimenangkannya. Kini dia bernama Mohammad Ali.

2. Jazz Jennings

Jazz Jennings bukanlah pemain bintang yang kerap dipuja-puja. Dia adalah seorang biasa yang pernah tergabung dengan sebuah klub sepakbola wanita di Amerika Serikat. Sejak kecil dia berstatus sebagai pria walaupun Jazz merasa dirinya adalah wanita. Dia pun berperilaku sampai melakukan aktivitas seperti layaknya perempuan pada umumnya. Akan tetapi kecintaannya untuk bermain bola tidak dapat disembunyikan.

Daftar Bola
[Image source dailymail.co.uk]
Dia bergabung dengan sebuah klub sepakbola lokal di South Florida. Akan tetapi ketika usianya menginjak umur 8 tahun, U.S. Soccer Federation melarangnya untuk mengikuti segala aktivitas sepakbola wanita karena dia adalah laki-laki. Setelah menempuh jalur hukum selama 2 tahun, akhirnya Jazz berhasil memenangkan gugatan.

 

3. Aeris Houlihan

Seperti halnya Jazz Jennings, seorang pemain bola biasa bernama Aeris Houlihan juga dilarang untuk bermain dan bergabung dengan tim sepakbola wanita lokal, Middleton Park Ladies FC, di Leeds, Inggris oleh FA karena dia adalah seorang laki-laki.

Daftar Bola
[Image source dailystar.co.uk]
Houlihan mengatakan bahwa walaupun statusnya laki-laki, namun hormon wanita dalam tubuhnya lebih kuat. Hal tersebut terbukti dari hasil tes laboratorium yang dilakukannya sesaat sanksi diberlakukan. Akan tetapi FA dapat kembali mengizinkan Houlihan bermain sepakbola lagi jika proses dirinya dari pria menjadi seorang transgender dan kemudian secara total menjadi wanita atau disebut dengan transexual yang membutuhkan waktu 2 tahun itu dilakukan.

4. Jaiyah Saelua

Terlahir dengan nama pria Johnny Saelua, Jaiyah Saelua dapat dikatakan sebagai seorang pemain sepakbola transgender pertama di dunia. Dia tercatat sebagai pemain di Savage FC di posisi center back. Dia juga menjadi pemain di kubu Timnas American Samoan yang pernah ikut tampil di kualifikasi Piala Dunia pada tahun 2014 lalu.

Daftar Bola
[Image source thedailybeast.com]
Jaiyah tidak merasa malu atau canggung ketika harus bermain dengan rekan-rekannya di sebuah pertandingan dengan status sebagai seorang transgender. Bahkan dia ingin membuktikan bahwa transgender bukanlah seperti penyakit yang harus dihilangkan karena orang yang bersangkutan masih tetap memiliki kualitas untuk melakukan sesuatu, contohnya saja dirinya sebagai pemain sepabola profesional.