Conte Tidak Menyangka Timnya Bakal Lolos Dengan Mudah
Tanggapan dari Conte usai timnya mengalahkan Swedia

Bolahero.com – Pelatih Italia, Antonio Conte tidak menyangka timnya bakal lolos dengan mudah ke babak 16 besar. Seperti diketahui Gli Azzurri baru saja memenangi laga kedua Grup E Piala Eropa 2016 dengan mengandaskan Swedia lewat gol semata wayang yang dicetak oleh Eder. Berkat tambahan tiga poin pada pertandingan ini sudah cukup mengantarkan Italia berada di puncak klasemen dengan nilai enam berkat kemenangan dari dua laga sebelumnya.

Menghadapi Swedia di Stadium Municipal, Tolouse, Jumat (17/06/16) malam WIB, Italia sempat dibuat kepayahan dalam usaha mereka untuk menembus pertahanan tim lawan yang cukup tangguh. Hasilnya mereka baru bisa mencetak gol di menit ke-88 lewat sepakan Eder. Jalannya pertandingan juga berlangsung monoton karena hanya sedikit peluang yang diciptakan oleh masih-masing tim. Conte sendiri mengakui bila Italia memang sempat dibuat kesulitan oleh Swedia.

“Sebuah pertandingan yang cukup sulit dan ini merupakan laga yang berat. Kami mengalami kesulitan pada babak pertama dan Swedia juga bermain lebih baik untuk memanfaatkan celah dan menggapai bola sebelum kami,” ucap Conte seperti yang dilansir oleh Rai Sport. “Meski begitu, kami praktis tidak memberikan Swedia apa pun. Kami berhasil menghasilkan beberapa peluang namun semuanya digagalkan oleh tiang gawang dan akhirnya kami bisa mencetak gol,” lanjutnya.

Bagaimana pun juga berkat kemenangan tipis ini sudah cukup untuk mengantarkan Italia melaju ke fase berikutnya dan keberhasilan Italia menembus babak knock out seolah mematahkan prediksi banyak orang mengingat Italia memang kurang begitu diunggulkan pada turnamen ini.

“Pertama, siapa yang bakal mengira jika setelah menjalani dua laga Italia akan melaju ke babak 16 besar? Mari kita semua memulai dari kecenderungan positif ini,” timpal Conte yang akan menjabat sebagai manajer baru Chelsea di musim 2016-2017 nanti.

“Saya sendiri melihat adanya sedikit kegugupan pada anak-anak khususnya pada babak pertama dan itu mengarah pada banyaknya kesalahan yang kami buat. Masa lalu memanglah sulit untuk dilupakan khususnya yang sungguh terasa menyakitkan seperti dua tahun yang lalu (Piala Dunia 2014 di mana Italia tersingkir di fase grup),” sambungnya. “Para pemain telah bermain baik pada hari ini untuk menahan dan juga melukai Swedia ketika tiba waktunya bagi kami untuk melakukannya,” tandas Conte.