internasional
Comeback di Ajang Internasional, Riedl Optimis Indonesia Bisa ke Semi Final

Bolahero.com – Timnas Indonesia akhirnya kembali akan melakoni partai internasional, setelah sempat terkena sanksi FIFA. Piala AFF 2016 menjadi ajang pertama Tim Garuda setelah lepas dari berbagai masalah. Piala AFF 2016 yang akan digelar di Filipina dan Myanmar pun telah diundi. Pada pengundian grup yang berlangsung di Yangon, Myanmar, Selasa (2/8), Indonesia masuk di grup A, yang disebut-sebut sebagai grup neraka.

Di grup A, skuad Merah Putih akan menghadapi tim-tim tangguh Asia Tenggara, yang dalam beberapa tahun belakangan tampil semakin baik, yakni Thailand, Singapura dan tim tuan rumah Filipina. Asisten pelatih Tim Garuda, Wolfgang Pikal, mengakui Thailand merupakan lawan paling berat.

hasil undian piala aff 2016
Hasil undian Piala AFF 2016, Indonesia di grup neraka.

Thailand adalah juara di Piala AFF edisi sebelumnya. Sementara Filipina mempunyai keuntungan tampil di rumah sendiri dan punya rangking internasional FIFA yang paling baik di Asia Tenggara saat ini.

“Memang grup A merupakan ujian yang berat lantaran kami tergabung dengan negara-negara kuat. Menurut saya, lawan paling sulit merupakan Thailand dan Filipina lantaran mereka mempunyai 50 persen pemain naturalisasi yang cukup bagus,” ungkap Pikal seperti diambil berita sepakbola internasional Detiksport.

Sebagai tambahan, Indonesia juga tergabung bersama dua tim langganan juara, yakni Thailand dan Singapura. Kedua negara sama-sama telah empat kali mengangkat trofi kompetisi ini. Sedangkan Filipina beberapa tahun belakangan ini mulai unjuk gigi di kancah sepakbola internasional. Pada Piala AFF 2014 lalu, Filipina bahkan menghabisi Indonesia 4-0.

Kendati demikian, pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, tetaplah optimistis tim besutannya dapat melaju sampai ke semi final. Walau dia mengaku Thailand dan Filipina adalah lawan yang sulit untuk ditaklukkan.

“Lolos ke semi final masihlah jadi tujuan yang realistis dengan seluruh keadaan yang rumit dalam pembentukan tim. Bagaimana juga, kami tetaplah menghormati PSSI yang berani membuat timnas meski sempat dibekukan FIFA,” kata Riedl.

Berdasar pada jadwa, Indonesia bakal memulai debut internasional mereka di Piala AFF 2016 dengan menghadapi Thailand pada Sabtu, (19/11). Di laga berikutnya, timnas Garuda bakal menantang Filipina, Selasa (22/11), dan menghadapi Singapura, Jumat (25/11).