Claudio Ranieri, Sang Juru Selamat dari Italia

Bolahero.com – Sensasi kemenangan Leceister City masih terasa euforianya dengan kekalahan Tottenham di laga melawan Chelsea mengukuhkan Leceister sebagai kampiun Liga Primer Inggris tahun ini. Permainan menawan dan penuh kolektivitas dipertunjukan oleh Leceister di seluruh rangkaian yang di jalani tim Britannia tengah ini. Semua taktik dan strategi yang di tunjukan oleh The Foxes ini tidak lain adalah hasil buah karya sang maestro, ya Claudio Ranieri.

Sedikit menilik kebelakang sejarah yang sudah dilakoni oleh Claudio Ranieri tidaklah pendek. Mengawali karier di klub amatir Campania Puteolana, lalu berlanjut menukangi Cagliari musim 1988-91, Ranieri melanjutkan kariernya di klub-klub besar diawali di Napoli dengan berisikan pemain-pemain besar seperti Maradona selama 2 musim. Dilanjutkan dengan mengarsiteki Fiorentina dan menjuarai Serie B di musim 1993-94. Hingga akhirnya membuat Fiorentina menjadi salah satu tim yang besar dan solid di ranah Liga Italia. Berlanjut ke Spanyol, Ranieri menukangi tim Valencia, dan di sinilah dia mulai mendapatkan banyak trofi bergengsi seperti Copa del rey pada tahun 1998-99 dan piala Intertoto UEFA tahun 1998.

Pada tahun-tahun selanjutnya Ranieri menukangi Chelsea dan berhasil membuat Chelsea dapat bersaing dengan tim tim yang notabene mendominasi Liga Inggris saat itu seperti Manchester United dan Liverpool. Sebelum akhirnya Ranieri mengarsiteki Leceister, ia sempat kembali ke Valencia lalu berlabuh ke Juventus. As Roma, Parma dan As Monaco adalah klub yang pernah merasakan sentuhan dari Ranieri. Hingga akhirnya dia berhasil menjuarai Liga Primer Inggris bersama tim kuda hitam Leceister City. Well, congratulation Ranieri!