Chile Keluar Sebagai Juara Usai Kalahkan Argentina
Chile sukses memenangi Copa America setelah mengalahkan Argentina di babak final

Bolahero.com – Chile keluar sebagai juara usai kalahkan Argentina lewat babak adu penalti dalam laga final Copa America Centenario yang digelar di MetLife Stadium, New Jersey, pada Senin (27/06/16) pagi WIB. Wasit terpaksa meneruskan laga ke babak adu tos-tosan ini karena baik Argentina maupun Chile sama-sama tidak mampu mencetak gol hingga babak tambahan waktu 2 x 15 menit berakhir.

Untuk jalannya pertandingan sendiri berlangsung amat seru terlebih lagi tensi pertandingan antara Argentina kontra Chile ini berlangsung dalam tensi permainan yang tinggi. Menurut catatan dari ESPN, tim besutan Gerardo Martino mampu mencatatkan penguasaan bola sebesar 46% dan mereka kalah dari lawannya yang memiliki ball possesion mencapai 54%. Akan tetapi Tim Tango bermain lebih agresif dengan melepaskan 18 tembakan percobaan namun hanya tiga percobaan saja yang on target.

Sebaliknya Chile hanya memiliki empat attempts dan dua di antaranya mengarah tepat sasaran. Lionel Messi dan kawan-kawan langsung tancap gas begitu peluit tanda dimulainya laga dibunyikan. Peluang pertama didapat Argentina lewat tendangan jarak jauh Ever Banega tetapi bola masih melenceng. Nyaris saja Argentina unggul seandainya Gonzalo Higuain berhasil memaksimalkan peluang yang diperolehnya di menit ke-23.

Chile terpaksa bermain dengan 10 orang pemain lantaran Marcelo Diaz menerima kartu kuning kedua di menit ke-28 setelah dirinya melanggar Messi. Mega bintang Barcelona tersebut juga turut diganjar kartu kuning di menit ke-40 setelah wasit menilai sang pemain melakukan diving di kotak penalti dan berselang tiga menit kemudian giliran Argentina kehilangan Marcos Rojo yang diganjar kartu merah karena menekel Arturo Vidal dari belakang.

Di babak kedua ini Argentina masih menguasai pertandingan namun beberapa peluang yang didapat masih belum berbuah gol dan pertandingan waktu normal ini berakhir imbang tanpa gol. Di babak extra time ini Argentina dan Chile berusaha untuk bisa mencetak gol dan kedua tim memiliki beberapa peluang emas tapi masih gagal dikonversi menjadi gol sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti yang berakhir dengan skor 4-2 untuk keunggulan Chile. Messi menjadi salah satu penendang Argentina yang gagal dalam mengeksekusi penalti dan Chile pun berhak atas titel juara Copa America selama dua tahun berturut-turut.