Bola News Hari Ini : Meninggal Saat Berlatih, Pesepakbola Ini Donorkan Organ Tubuhnya

Dia masih berusia 13 tahun yang tiba-tiba roboh dan tak sadarkan diri ketika berlatih bersama timnya, pada minggu lalu.

0
bola news hari ini
[Image source

Bolahero.com – Suatu berita menarik di kategori bola news hari ini adalah terkait dengan kematian seorang pesepakbola belia berusia 13 tahun bernama Kieran McDade. Dia bukan pemain terkenal atau pun anak seorang selebritis atau pesepakbola dunia, namun apa yang dialami serta aksinya membuat banyak orang menitikkan air mata.

McDade hanyalah remaja biasa seperti anak-anak seumurnya. Tidak ada hal yang istimewa dalam dirinya untuk terlalu diekspos. Dia memiliki kegemaran bermain bola dan terdaftar sebagai pemain di klub sepakbola lokal Dunbeth Football Club di Coatbridge, Lanarkshire, Skotlandia.

Sayangnya, keinginan remaja yang menjadi penggemar klub sepakbola Celtic untuk menjadi pemain bola terkenal harus pupus lantaran nyawanya tidak lagi dapat tertolong setelah dia roboh saat menjalani latihan bersama klubnya, minggu lalu.

 

Martin Holmes selaku sekretaris dan juru bicara dari klub mengatakan bahwa awalnya semua baik-baik saja. Semua anak berlatih secara wajar, yaitu melakukan lari-lari jarak pendek, namun tiba-tiba McDade mengeluh bahwa dia kesulitan untuk bernapas dan akhirnya roboh tak sadarkan diri.

McDade masih sempat dibawa ke Royal Hospital for Children at Queen Elizabeth University Hospital di Glasgow untuk mendapatkan perawatan dan pertolongan. Mulai staf, paarmedis sampai dokter berusaha menyelamatkan McDade yang mengalami koma selama satu minggu.

bola news hari ini
[Image source dailyrecord.co.uk]
Menurut pihak dokter, McDade mengalami masalah pada jantungnya yang dalam dunia medis dikenal dengan nama cardiac arrest. Masalah ini terjadi ketika jantung berhenti untuk memompa darah dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. Rata-rata orang awam akan mengira seseorang yang mengalami cardiac arrest adalah terkena serangan jantung, padahal bukan.

Untuk mendapatkan bantuan pendanaan, akhirnya dibuka donasi online yang dilakukan melalui sebuah situs bernama Justgiving.com. Hebatnya, hanya dalam satu malam saja, uang donasi yang terkumpul sebanyak lebih dari GBP 7,500 atau sekitar Rp 130,8 juta.

Kembali ke berita menarik di kategori bola news hari ini terkait McDude, setelah satu minggu dalam perawatan, akhirnya remaja ganteng tersebut menghembuskan napas terakhirnya dan membuat banyak orang menjadi kehilangan.

bola news hari ini
[Image source dailyrecord.co.uk]
Satu hal yang membuat banyak orang menangis serta kagum adalah ketika McDade mampu menyelamatkan 2 nyawa melalui organ tubuh yang dimilikinya. Walaupun tidak ada penjelasan akan izin atau permintaan donor organ tersebut, namun kakak McDade, Amy, mengatakan bahwa adiknya mendonorkan organ tubuhnya setelah dia mati.

Sesaat berita meninggalnya McDade tersebar dari mulut ke mulut atau juga melalui media sosial, banyak orang yang memberikan apresiasi dengan membuat status di akun sosial media masing-masing, datang ke klub di mana McDade berlatih sampai dengan menjumpai keluarga remaja ini.

Tidak hanya itu saja, ada banyak bunga yang terpasang di pagar tempat latihan di mana McDade berlatih, serta bendera klub dan kostum terakhir yang yang dikenakan remaja tersebut.

bola news hari ini
[Image source stv.tv]
Jika ditarik mundur dengan mengambil kasus cardiac arrest dalam kancah sepakbola, ternyata bukan hanya McDade saja yang mengalaminya, karena pada tahun 2012 lalu ada seorang pemain bola bernama Fabrice Muamba tiba-tiba roboh dan tak sadarkan diri di lapangan ketika sedang melakoni laga melawan Tottenham Hotspur.

Seketika pemain tengah Bolton ini roboh di lapangan, kamera TV yang merekam pertandingan dan menyiarkannya langsung tersebut dengan cepat mengambil momen itu. Jantung Muamba berhenti memompa pada menit 78 dan dia akhirnya menghembuskan napas terakhirnya karena cardiac arrest.